Comscore Tracker

Risma Marah Mobil Pelat Merah Ganggu Distribusi Bantuan Banjir Jombang

Dua mobil pelat merah diketuk kacanya

Jombang, IDN Times - Kunjungan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di korban banjir Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang diwarnai marah-marah. Kemarahan Risma di antaranya saat mengetahui ada mobil berhenti menghalangi proses distribusi bantuan untuk warga di Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Sabtu (13/2/2021).

1. Risma marah ketuk kaca mobil plat merah

Risma Marah Mobil Pelat Merah Ganggu Distribusi Bantuan Banjir JombangMensos Tri Rismaharini dengan Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengunjungi korban banji di Bandarkedungmulyo. IDN Times/Zainul Arifin

Awalnya, Risma mendistribusikan kasur lipat, susu untuk bayi dan makanan di tengah kerumunan wargan Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis. Setelah itu, perempuan Kelahiran Kediri itu berjalan menuju ke tempat lain untuk menghindari kerumunan.

Tak lama kemudian, Risma kembali ke tempat warga yang ia tinggalkan. Nah, saat kembali ia melihat ada beberapa mobil berhenti berjejer di tengah jalan. Dua mobil warna hitam pelat merah milik Pemkab Jombang berada di deretan paling belakang. Risma kemudian menghampiri mobil itu lalu mengetuk kaca pintu mobil samping kiri dan meminta orang yang ada didalamnya turun sekaligus menepikan mobilnya.

"Hei turun, turun. Mobilnya situ loh ganggu jangan di jalan gimana udah gak bantu," teriak Risma dengan nada tinggi sembari mengetok kaca mobil.

Teriakan Risma baru berhenti setelah sejumlah orang rombongannya menenangkan dia lalu mengajaknya menemui warga yang sudah menunggunya. Tak lama kemudian, dua pemilik kendaraan tersebut juga minggir.

Baca Juga: Beredar Video Penjarahan Bantuan Gempa Sulbar, Risma: Itu Kelaparan

2. Risma instruksi keras ke staf Kemensos soal distribusi bantuan lambat

Risma Marah Mobil Pelat Merah Ganggu Distribusi Bantuan Banjir JombangMensos Tri Rismaharini temui korban banjir di Dusun Prayungan Desa Gondangmanis Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Tak hanya itu, kemarahan Risma  juga terjadi saat berada di jalanan desa. Risma memberikan instruksi dengan nada keras kepada anak buahnya. Dia meminta sfat Kemensos segera mengangkat sejumlah bantuan dari atas truk untuk warga. Jarak truk pengangkut bantuan dengan pemukiman sekitar 600 meter.

Petugas dari Kemensos pun berlarian ke arah truk pengangkut bantuan. Mereka memanggul kardus bantuan tersebut ke pemukiman warga. Di situ ratusan warga terdampak banjir sudah menunggu. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Risma terus memberikan instruksi dengan nada tinggi.

“Jangan duduk-duduk, ayo bantu mengangkut bantuan. Mobilnya itu jangan di jalan. Minggir,” kata dia dengan nada tinggi.

3. Bantu korban banjir dua truk kasur lipat

Risma Marah Mobil Pelat Merah Ganggu Distribusi Bantuan Banjir JombangMensos TribRismaharini bantu kasur lipat dan makanan korban banjir di Bandarkedungmulyo Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Pantauan IDN Times, kunjungan Risma ke Jombang dilakukan di tiga titik. Pertama ke pendapa Pemkab Jombang. Di lokasi itu, dia melakukan kordinasi dengan Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Setelah dari pendapa, seluruh rombongan bergerak ke Dusun Kedunggabus, Desa Bandarkedungmulyo. Dua kendaraan truk yang mengangkut kasur lipat juga menuju ke lokasi.

Di titik pengungsian Tanggul sungai Dusun Kedunggabus, Risma menyerahkan bantuan ke korban banjir. Tak lama di situ, rombongan Risma menyusuri tanggul sungai yang dipenuhi tenda pengungsi. Di tanggul itu, Risma tidak berhenti. Iring-iringan mobil langsung ke Desa Gondangmanis yang selanjutnya ke Dusun Prayungan.

Di kampung itu, Risma menyerahkan bantuan secara langsung. Warga pun berdatangan hingga terjadi kerumunan orang. Risma mengaku takut terkena COVID-19 saat membagikan kasur lipat dan susu kepada anak dan bayi yang digendong orang tuanya karena berkerumun

"Aku wedi nginiki (aku takut seperti ini), nanti Corona," Ucap Risma yang bergumam sendiri di tengah kerumunan warga.

Berdasarkan data, total bantuan keseluruhan dari Kemensos yakni kidsware atau baju anak-anak 50 paket, selimut 300 lembae, kasur lipat 300 lembar, makanan anak 300 kardus.

Baca Juga: 3 Mobil Mewah Menganggur, Risma Ingin Lelang untuk Jadi Bantuan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya