Pura-pura Beli Obat, Pria Mojokerto Curi Tabung Elpiji di Jombang

Tertangkap warga di jalan raya

Jombang, IDN Times - Aksi pencurian kembali terjadi di wilayah hukum Polres Jombang. Seorang pria berinisial NY (34) tertangkap basah mencuri tabung gas elpiji di toko milik Suparni (49) di Desa Plumbongambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Warga Dusun Sasap, Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto tersebut nyaris babak belur dihakimi massa. Beruntung anggota resmob satreskrim Polres datang dan langsung mengamankan pelaku ke Mapolres untuk menjalani diproses pemeriksaan.

1. Pelaku berpura-pula membeli obat

Pura-pura Beli Obat, Pria Mojokerto Curi Tabung Elpiji di JombangBarang bukti motor pelaku di Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut keterangan Suparni, saat itu pelaku datang ke tokonya sendirian dengan mengendarai sepeda motor Honda Grand bernopol W 3275 XJ. Setelah memarkir motor di depan toko, pelaku lalu masuk ke dalam toko dan berpura-pura membeli obat. Saat itu Suparni tidak menaruh curiga terhadap pelaku.

"Orang itu datang ke toko lalu tanya harga obat promag. Saya jawab kalau beli satu harganya Rp1000 kalau beli dua  harganya Rp1.500. Orang itu beli satu butir obat," ujar Suparni kepada IDN Times di Mapolres.

2. Membawa kabur satu biji tabung elpiji tiga kilogram diselipkan di jas hujan

Pura-pura Beli Obat, Pria Mojokerto Curi Tabung Elpiji di JombangBarang bukti tabung elpiji di Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Nah, di saat membayar obat, ternyata salah satu tangan pelaku mengambil tabung gas elpiji tiga kilogram. Tabung itu disembunyikan (diselipkan) di dada pelaku dengan ditutupi jas hujan yang dipakai pelaku. Pria pengangguran itu kemudian pergi mengendarai sepeda motornya.

"Saya lihat ada elpiji yang dibawanya, terus saya berteriak tidak ada yang dengar karena sepi orang. Terus saya tunggu anak saya pulang," tuturnya.

3. Dikejar hingga tertangkap di daerah Pandanwangi Kecamatan Diwek

Pura-pura Beli Obat, Pria Mojokerto Curi Tabung Elpiji di JombangBarang bukti kendaraan motor di Polres Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Tak lama setelah kejadian, anak korban bernama Deden datang. Suparni langsung memberitahu anaknya jika elpijinya dicuri orang sembari memberitahu ciri-ciri pelakunya. Disaat itu, Deden langsung tancap gas mengejar hingga berhasil menangkap pelaku di desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Jombang.

"Setelah diberitahu ibu, langsung saya kejar dan tertangkap di Pandanwangi. Saat itu ada beberapa orang sekitar dan menghajar pelaku. Kemudian diamankan oleh polisi," kata Deden yang mendampingi ibunya.

Jorban menduga pelaku sudah beberapa kali mencuri tabung gas elpiji di sejumlah toko di desa setempat. Dugaan itu diketahui dari banyaknya aduan warga lain yang diterima oleh korban. "Saya dua kali ketemu pelaku. Sebelumnya pernah datang ke toko dan menawarkan tabung elpiji, tapi saya menolaknya," sambung Suparni.

Kasatreskrim Polres Jombang, Iptu Christian Kosasi membenarkan adanya penangkapan terhadap pelaku tindak pidana pencurian satu buah tabung gas elpiji. Saat ini, pelaku masih menjalani pemeriksaan di ruang Satreskrim.

"Masih dalam lidik. Tersangka dan barang bukti telah kita amankan. Melanggar pasal 363 tentang pencurian," ujarnya.

Baca Juga: Usai Antar Katering, Perempuan di Jombang Jadi Korban Begal Payudara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya