Pura-pura Beli Bunga, Pencuri HP di Jombang Babak Belur Dihajar Warga

Barang curian disembunyikan di celana dalam

Jombang, IDN Times - Pencuri handphone di dalam rumah, di Jalan Hasyim Asyari, Dusun Mojosongo, Desa Balongbesuk, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang kepergok pemiliknya. Pelaku bernama Karsono Hadi Wibowo (42), warga Dusun Kembeng, Desa Kepuhkembeng, RT 001 RW 004, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Dia babak belur dihajar massa.

"Pelaku kepergok mencuri HP dan dompet milik saya yang saya taruh di atas meja dalam rumah," kata pemilik rumah, Doddy Prasetya Nugraha (34) ditemui IDN Times di Mapolsek Diwek, Jumat petang (26/6).

1. Pelaku pura -pura beli bunga

Pura-pura Beli Bunga, Pencuri HP di Jombang Babak Belur Dihajar WargaLokasi kejadian perkara. IDN Times/Zainul Arifin

Doddy menceritakan, peristiwa itu terjadi saat rumahnya sepi orang. Saat itu ia bersama kedua orangtua dan adiknya sedang di belakang rumah. Pintu rumah tidak ditutup lantaran di depan rumahnya banyak dagangan tanaman bunga. Saat ia keluar rumah, tiba-tiba melihat seorang pria keluar dari dalam rumahnya.

Doddy curiga dengan orang tak dikenal yang masuk rumahnya. Ia lantas mengejar pelaku dan berteriak memintanya untuk berhenti. Pelaku akhirnya berhasil ditangkap Doddy di depan rumahnya tepi jalan raya Jombang-Diwek.

"Dia saya teriaki, hei siapa kamu? Saya suruh berhenti lalu saya tanya, kamu mengambil apa tadi? Pelaku menjawab tidak mengambil apa-apa dan beralasan hendak membeli tanaman bunga," jelas Doddy.

2. Dua HP dan dompet disembunyikan di celana dalam

Pura-pura Beli Bunga, Pencuri HP di Jombang Babak Belur Dihajar WargaBarang bukti sepeda motor pelaku yang diamankan polisi. IDN Times/Zainul Arifin

Lantaran pelaku mengelak melakukan pencurian, Doddy lalu memeriksa barang di dalam rumahnya. Ternyata ia mendapati dompet dan dua unit HP miliknya raib. Ia pun kembali menginterogasi pelaku dan meminta untuk mengeluarkan seluruh barang bawaannya.

"Saya minta pelaku mengeluarkan barang bawaanya. Ternyata dua HP dan dompet milik saya diselipkan di celana dalamnya," ujarnya.

Setelah ketahuan basah mencuri, pelaku mengakui perbuatannya dan mengembalikan barang milik Doddy. Pelaku juga meminta maaf sekaligus meminta agar korban tidak melaporkan kasus itu ke polisi.

Baca Juga: Sebulan Bikin Face Shield, Pasutri di Jombang Dapat Omzet Rp45 Juta

3. Pelaku babak belur dihajar warga

Pura-pura Beli Bunga, Pencuri HP di Jombang Babak Belur Dihajar WargaTersangka diperiksa di ruang reskrim Polsek Diwek. IDN Times/Zainul Arifin

Ketika Doddy bersama keluarganya menginterogasi pelaku di dalam rumah, tiba-tiba pelaku berusaha melarikan diri. Spontan korban berteriak minta tolong hingga warga sekitar datang dan mengejar pelaku. Begitu tertangkap, pelaku langsung dihajar.

"Warga sudah kesal dan emosi langsung menghajar pelaku. Setelah itu ada seorang anggota (polisi) datang dan kemudian mengamankan pelaku ke Polsek Diwek," katanya.

Doddy menambahkan, warga tersulut emosi lantaran lingkungannya sering kehilangan barang berharga. Beberapa hari lalu Doddy juga kehilangan beberapa bunga seharga ratusan ribu rupiah. Bahkan, kata Doddy, uang kotak amal musala depan rumahnya juga pernah raib digondol orang.

"Saya tidak tahu apakah pelakunya orang ini atau orang lain. Yang jelas, warga di lingkungan sini sudah geram karena sering kemalingan mas. Beberapa hari lalu uang Rp1,5 juta di dalam kotak amal musala depan rumah juga hilang," imbuhnya.

4. Tersangka ditahan di Polsek Diwek

Pura-pura Beli Bunga, Pencuri HP di Jombang Babak Belur Dihajar WargaPolsek Diwek Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Kapolsek Diwek AKP Achmad Chairuddin menjelaskan, tersangka dimintai keterangan lebih lanjut. Ada dugaan dia melakukan aksi serupa di lokasi lain.

"Tersangka sudah diamankan dan dalam pemeriksaan untuk dikembangkan," ujar Chairudin dikonfirmasi.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita barang bukti di antaranya dua unit HP,  1 buah dompet warna hitam berisi KTP korban dan uang sebesar Rp133.000, serta 1 unit sepeda motor merek Honda Vario milik pelaku.

Baca Juga: Pendemik COVID-19, Jumlah Latihan Atlet KONI Jombang Dibatasi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya