Polisi Kesulitan Identifikasi Jenazah yang Ditemukan di Kali Konto

Kondisi jenazah sudah rusak, tak bisa dikenali

JOMBANG, IDN Times - Polisi masih kesulitan mengidentifikasi penemuan jenazah perempuan yang ditemukan di Sungai Konto, Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Jombang, Sabtu lalu (8/2). Saat ditemukan, jenazah tersebut tersangkut pohon yang tumbuh di tengah-tengah sungai.

1. Polisi kesulitan identifikasi

Polisi Kesulitan Identifikasi Jenazah yang Ditemukan di Kali KontoKapolsek Tembelang Iptu H. Sarwiaji. IDN Times/Zainul Arifin

Setelah dievakuasi, polisi membawa jenazah tersebut ke rumah sakit. Sayangnya, upaya identifikasi masih menemui jalan buntu. Korps Bhayangkara belum mendapatkan identitas mrs.X tersebut.

Saat diautopsi, kondisi jenazah sudah membusuk dan rusak. Kulit-kulitnya mengelupas.

"Saat itu, mayatnya diperkirakan sudah tiga hari terendam air. (Sidik) jarinya sudah rusak, begitupun wajah dan tubuhnya juga tidak bisa dikenali," kata Kapolsek Tembelang, Polres Jombang Iptu H. Sarwiaji, dikonfirmasi IDN Times, Senin (10/2).

Korban diperkirakan berusia di atas 55-58 tahun. Saat ditemukan, wanita itu dalam keadaan telanjang, dengan posisi terlentang, secarik kain sudah tersingkap ke atas kepala. "(Pakaian) yang bawah sudah tidak ada lagi," imbuhnya.

2. Terima laporan orang hilang

Polisi Kesulitan Identifikasi Jenazah yang Ditemukan di Kali KontoKTP Ponipah, warga yang dilaporkan hilang oleh keluarganya. IDN Times/Dok.Istimewa

Bersamaan dengan adanya penemuan mayat, Kepala Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, mendapat laporan salah satu warganya bernama Ponipah (58) hilang. Kades Tampingmojo bersama orang yang mengaku keluarga korban, melihat mayat di RSUD Jombang untuk dilakukan pencocokan.

"Mereka yakin dari secari kain (baju) di mayat serta ciri-ciri postur tubuh yang gede tinggi besar," ujarnya.

Baca Juga: Dirazia Polisi, Penonton dan Pembalap Liar di Jombang Kocar-kacir

3. Jenazah masih berada di RSUD Jombang

Polisi Kesulitan Identifikasi Jenazah yang Ditemukan di Kali KontoMayat di ruang jenazah RSUD Jombang. IDN Times/Istimewa

Menurut Sarwiaji, dari keterangan orang yang mengaku sebagai keluarganya, Ponipah buang hajat ke sungai yang tidak jauh dari rumahnya. Setelah itu, dia tidak kembali hingga tiga hari kemudian, tepatnya pada Sabtu pagi (8/2), ada laporan penemuan mayat perempuan yang tersangkut pohon di tengah sungai Konto.

Sarwiaji masih belum bisa memastikan apakah mayat korban sesuai dengan laporan warga yang hilang atau tidak. Pasalnya, sidik jari mayat masih belum terdeteksi alat rekam elektronik.

"Kami belum bisa menyimpulkan. Tim identifikasi sudah berusaha, bahkan kulit di jari korban yang mengelupas dikeringkan untuk dilakukan perekaman, tapi belum berhasil terdeteksi. Saat ini mayat masih berada di ruang jenazah RSUD Jombang," ujar Sarwiaji.

4. Jika tidak ditemukan unsur kekerasan, jenazah akan dimakamkan tanpa identitas

Polisi Kesulitan Identifikasi Jenazah yang Ditemukan di Kali KontoKapolsek Tembelang Iptu H. Sarwiaji. IDN Times/Zainul Arifin

Mantan Kasubbag Humas Polres Jombang ini menambahkan, jika nantinya tidak ditemukan unsur kekerasan akibat kejahatan, maka jenazah akan diserahkan ke orang yang mengaku keluarganya.

"Ya nanti jenazah kami serahkan ke orang yang mengaku keluarga tersebut. Namun, bukan atas nama korban, tapi atas nama mrs. X," pungkas Iptu Sarwiaji.

Baca Juga: Mayat Wanita Telanjang Ditemukan Mengapung di Kali Konto Jombang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya