Petani dan Pencari Rumput di Jombang Tewas Tersambar Petir

Kalau hujan mulai mengguyur, sebaiknya berteduh aja ya~

Jombang, IDN Times - Dua warga di Kabupaten Jombang tewas tersambar petir, Minggu (5/4). Adalah Tarmijan (51), seorang petani, warga Dusun Sedah, Desa Japanan, Kamatan Mojowarno; dan Anang Djuwaheni (35), pencari rumput, warga Jalan Bali, Kelurahan Jombatan, Jombang. Kaduanya tersambar petir di dua lokasi yang berbeda.

"Tarmijan meninggal saat berada di jalan Dusun Kedungbader, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno sekitar jam 13.30 WIB," ujar Kapolsek Mojowarno AKP Yogas kepada IDN Times, Minggu sore.

1. Petani tersambar petir saat mengendarai sepeda motor

Petani dan Pencari Rumput di Jombang Tewas Tersambar PetirPemeriksaan luar terhadap jasad korban yang tersambar petir. IDN Times/zainul arifin

Yogas mengatakan, Tarmijan saat itu sedang perjalanan pulang usai mencari jerami padi dari dusun Gembrong, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno. Saat gerimis mulai turun, ia tetap melanjutkan pulang ke rumah. Di tengah perjalanan, tiba-tiba petir menyambar Tarmijan.

"Pada saat masih mengendarai sepeda motor, korban terkena sambaran petir dan langsung terjatuh, meninggal," ujar Yogas.

2. Pencari rumput tergeletak di samping pohon jati yang terbelah

Petani dan Pencari Rumput di Jombang Tewas Tersambar PetirLokasi warga Jombang tersambar petir. IDN Times/istimewa

Sementara itu, korban lainnya, Anang tersambar petir saat sedang mencari rumput sekitar jam 14.30 WIB. Kejadian bermula kala korban berangkat mencari rumput. Sekitar pukul 14.00 WIB, hujan mulai mengguyur. Namun, saat itu korban tetap melanjutkan mencari rumput.

Tidak lama kemudian, Sujarwan (48), salah seorang warga, mendengar bunyi petir tepat di samping rumahnya. Setelah dilihat, ternyata Anang sudah tergeletak di kapling kosong.

"Korban tergeletak di dekat pohon jati dalam keadaan meninggal dunia. Pohon jati yang berada di samping korban dalam keadaan terbelah," terang Kapolsek Jombang AKP Moch Wilono.

Baca Juga: Kabupaten Jombang Gunakan Gedung SD untuk Isolasi Pemudik

3. Kedua korban divisum luar dan tidak diautopsi

Petani dan Pencari Rumput di Jombang Tewas Tersambar PetirJasad korban tersambar petir di visum luar. IDN Times/istimewa

Atas kejadian itu, kedua korban tidak di autopsi dan hanya divisum luar. Sebab, masing-masing keluarga menolak autopsi. Dari hasil pemeriksaan luar, terdapat tanda-tanda bahwa memang keduanya tersambar petir.

"Sesuai dengan permohonan keluarga, mayat korban hanya divisum luar dan tidak diautopsi," imbuh Wilono.

Baca Juga: Diduga Depresi karena Menganggur, Pria di Jombang Gantung Diri

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya