Persiapan Belajar Tatap Muka, Jombang Kebut Vaksinasi Tenaga Pendidik

Target selesai vaksinasi Akhir Maret 2021

Jombang, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang kebut vaksinasi COVID-19 terhadap para tenaga pendidik di bawah naungannya. Pasalnya, pada 6 April 2021 mendatang, Kabupaten Jombang akan memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Sekarang sedang proses vaksinasi tahap kedua untuk tenaga pendidik di Jombang," kata Kepala Disdikbud Kabupaten Jombang, Agus Purnomo dihubungi wartawan melalui telepon, Kamis (25/3/2021).

1. Vaksinasi tenaga pendidik capai 80 persen

Persiapan Belajar Tatap Muka, Jombang Kebut Vaksinasi Tenaga PendidikVaksinasi COVID-19 di Gedung Pemkab Jombang. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Agus mengungkapkan, dari seluruh tenaga pendidik di bawah naungannya, sudah 80 persen lebih telah disuntik vaksin COVID-19. Bahkan, dirinya mengaku sudah memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di sejumlah tempat. Dia menyebut, selama proses vaksinasi tidak menemukan kendala yang berarti.

"Sekarang sudah 80 persen lebih sudah divaksin. Tadi saya memantau di Sumobito, di Ploso, hari ini terus berjalan," ungkapnya.

Baca Juga: Rencana April, Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Rapat Gugus Tugas

2. Target vaksinasi selesai akhir Maret 2021

Persiapan Belajar Tatap Muka, Jombang Kebut Vaksinasi Tenaga PendidikIlustrasi vaksinasi COVID-19. pexels.com/Gustavo Fring

Agus menambahkan, vaksinasi tenaga pendidik ditargetkan selesai akhir bulan Maret 2021. Target itu merupakan ketetapan sebelumnya. Setelah seluruh tenaga pendidik disuntik vaksin, selanjutnya dilaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Semoga saja (selesai akhir Maret), soalnya (vaksinasi) ini terus berjalan," Agus menjelaskan.

Ia menambahkan, pada Rabu (24/3/2021) juga telah melakukan inspeksi ke sekolah-sekolah dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam melaksanakan kegiatan belajar tatap muka. Hasil pemantauannya, rata-rata sekolah-sekolah sudah menyatakan siap, termasuk wali muridnya serta berkeinginan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka.

"Dari sisi prosentase itu, kemarin sudah saya sampaikan ke Forkopimda, 98 persen, teman-teman sudah siap untuk melaksanakan PTM," tandasnya.

3. Pembelajaran Tatap Muka setelah selesai perpanjangan PPKM Mikro Tahap IV

Persiapan Belajar Tatap Muka, Jombang Kebut Vaksinasi Tenaga PendidikDisdikbud Jombang saat memantau kesiapan sekolah melaksanakan belajar tatap muka. IDN Times/Zainul Arifin

Sebelumnya, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab juga telah memperpanjang masa pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro), mulai 23 Maret hingga 5 April 2021. Setelah PPKM Mikro Tahap IV berakhir, kemudian dilakanakan sekolah tatap muka. Namun, sebelum itu, tenaga pendidik di bawah naungan Disdikbud maupun Kementerian Agama (Kemenag) Jombang melaksanakan vaksinasi COVID-19.

"Kita sudah sepakat bahwa, dengan persiapan dari Disdikbud maupun Kemenag, di Kabupaten Jombang dengan perkembangan zona di Jombang yang sudah kuning ini, karena kita berani untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka, kita mulai tanggal 6 (April 2021), karena tanggal 5 (April 2021) itu adalah terakhir PPKM Skala Mikro," ujarnya.

Baca Juga: Kabupaten Jombang Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Mulai 6 April 2021

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya