Pemilik Pergi ke Rumah Saudara, Gudang Kayu di Jombang Ludes Terbakar

Kebakaran diduga akibat korsleting listrik

Jombang, IDN Times - Kebakaran hebat melanda gudang kayu sekaligus tempat usaha mebel di Dusun Catakgayam Utara, Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang pada Kamis malam (22/10/2020). Api baru bisa dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran pada Jumat dini hari  (23/10/2020). Satu unit fire pumper truck dan 1 unit supply truck didatangkan untuk menjinakkan kobaran api. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun pemilik usaha bernama Kaseri (41) mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

1. Api diketahui muncul dari dalam gudang

Pemilik Pergi ke Rumah Saudara, Gudang Kayu di Jombang Ludes TerbakarKebakaran di tempat usaha mebel Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Kebakaran tempat usaha UD Sumber Makmur tersebut diketahui warga setempat bernama Edi Mulyono (52), sekitar pukul 22.44 WIB. Saat itu ia sedang berada di warung seberang jalan dekat mebel, Tiba-tiba, muncul kobaran api yang sudah membumbung tinggi dari dalam gudang kayu.

"Begitu melihat api yang membesar dari dalam gudang, saya bersama teman-teman berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun tidak berhasil. Tadi saya kira bambu yang terbakar, ternyata gudang kayu," kata dia di lokasi kebakaran.

Dia pun kaget dan panik. Selanjutnya, Edi memberitahu warga lainnya dan dilaporkan ke perangkat desa setempat lalu diteruskan ke pemadam kebakaran.

2. Pemilik usaha mebel sedang berkunjung ke rumah saudara

Pemilik Pergi ke Rumah Saudara, Gudang Kayu di Jombang Ludes TerbakarKebakaran di tempat usaha mebel Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Sementara saat kejadian, Kaseri mengaku tidak mengetahui tempat usaha seluas 8X20 meter miliknya itu dilahap si jago merah. Kaseri saat itu sedang berkunjung ke rumah saudaranya di desa sebelahnya.

"Tadi saya sedang di rumah kakak di dusun sebelah, saya tahunya ada kebakaran dikabari paman," kata Kaseri.

Dia pun hanya bisa pasrah melihat tempat usaha yang dirintisnya bertahun-tahun ludes terbakar. Kaseri memperkirakan kerugian materi yang ia alami atas insiden tersebut sekitar Rp50 juta.

Baca Juga: Pikap Terbakar Usai Ditabrak Truk Boks di Bojonegoro, 5 Orang Terluka

3. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik di gudang

Pemilik Pergi ke Rumah Saudara, Gudang Kayu di Jombang Ludes TerbakarPetugas memadamkan api di usaha mebel Jombang. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, petugas pemadam menduga kebakaran tersebut disebabkan karena korsleting listrik di dalam gudang. Kebakaran itu menghanguskan gudang berikut isi di dalamnya seperti balok kayu, kusen, pintu, jendela, dan mesin untuk bekerja karyawan.

"Dugaan sementara, untuk penyebab kebakaran diduga akibat konsleting listrik," kata Kasi Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi, Jumat pagi.

Baca Juga: Roda Mobil Lepas Picu Kebakaran, Tembakau Seharga Rp45 Juta Ludes 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya