Pelajar SMP Meninggal Tenggelam di Kubangan Bekas Galian C di Jombang

Berniat mancing dengan teman-temannya

Jombang, IDN Times - Kubangan bekas galian C di Desa Plosogenuk, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang menelan korban. Seorang anak remaja berusia 13 tahun yang mandi di kubangan yang penuh dengan air tewas tenggelam, Kamis (4/6). Korban bernama Firman Santoso, warga desa setempat.

Kapolsek Perak, Kompol Untung Sugiarto membenarkan bahwa ada seorang anak yang tewas saat berenang di lokasi bekas galian C di desa Plosogenuk. Korban sudah dievakukasi dan dibawa ke rumah duka.

"Benar, korban sudah dievakuasi dan dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan," kata Untung Sugiarto. 

1. Berawal dari korban mancing bersama tujuh temannya

Pelajar SMP Meninggal Tenggelam di Kubangan Bekas Galian C di JombangIlustrasi tenggelam Sumber: Pixabay.com

Untung Sugiarto menjelaskan, petaka yang dialami pelajar SMP itu berawal korban bersama dengan tujuh temannya yakni Firman, Rio, Rigo, Wildan, Muji, Brian dan Adit berangkat dengan tujuan untuk mancing di lokasi bekas galian C tersebut.

Setelah sampai di lokasi, kata Untung, korban langsung mengajak teman temannya untuk berenang dan mandi di kubangan yang penuh air tersebut. Akhirnya korban bersama teman-temannya langsung bermain di dalam air. Kemudian korban langsung berenang ke tengah.

"Saat mengetahui korban berenang ke tengah, teman-temannya berteriak dan melarangnya. Namun korban terus berenang ke tengah. Setelah berada di tengah korban tidak bisa berenang dan akhirnya tenggelam," jelas Untung dikonfirmasi, Kamis (4/6).

2. Korban meninggal akibat tenggelam di tengah kubangan

Pelajar SMP Meninggal Tenggelam di Kubangan Bekas Galian C di JombangPetugas kepolisian dan tim medis memeriksa korban. IDN Times/Zainul Arifin

Mengetahui korban tenggelam, teman-temannya berteriak minta tolong dan kemudian datang orang-orang yang sedang mancing di sekitar lokasi. Warga lalu ke tengah dan langsung menolong korban. Setelah dibawa ke tepi dan diberikan pertongan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

"Setelah dilakukan pemerikasaan oleh petugas dari pukesmas Perak dan identifikasi Polres Jombang, tidak ditemukan adanya luka dan korban meninggal akibat tenggelam," imbuhnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, 3 Orang Tewas Tenggelam di Pantai Suak Timah Aceh

3. Galian C tidak berfungsi dan tidak ada pembatas

Pelajar SMP Meninggal Tenggelam di Kubangan Bekas Galian C di JombangKubangan galian C tempat korban tenggelam. IDN Times/Zainul Arifin

Untung menambahkan, TKP galian C itu sudah tidak berfungsi dan kubangan galian C itu banyak dikunjungi masyarakat untuk memancing ikan. Lokasi galian C yang terdapat airnya itu, kata dia, juga tidak ada pagar pengaman yang bisa mencegah orang bermain di lokasi tersebut.

"Sudah tidak berfungsi dan tidak ada pembatas di lokasi bekas galian c tersebut," ujarnya.

Adanya peristiwa tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan serta sejumlah pihak terkait untuk langkah-langkah antisipasi agar peristiwa serupa tidak terulang kembali.

Baca Juga: Pura-pura Beli Obat, Pria Mojokerto Curi Tabung Elpiji di Jombang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya