Rapid Test Negatif, 4 Petugas Haji Kemenag Jombang Diisolasi di Rumah

Cegah penularan virus corona

Jombang, IDN Times- Kantor kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Jombang langsung bergerak melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan terhadap para petugas yang mengikuti pelatihan haji di Surabaya.

Langkah Kemenag Jombang itu menyusul adanya beberapa petugas haji di sejumlah daerah yang terpapar virus corona. Hal itu disampaikan Kepala sub bagian tata usaha Kemenag Jombang, Emi Chulaimi, saat dihubungi IDN Times melalui telepon, Senin (6/4).

1. Kemenag arahkan petugas manasik haji untuk melakukan pemeriksaan

Rapid Test Negatif, 4 Petugas Haji Kemenag Jombang Diisolasi di RumahKantor Kemenag Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Emi menyampaikan, setelah pulang dari mengikuti pelatihan haji di Surabaya, pimpinannya langsung melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat. Pihak Kemenag, kata Emi, saat itu juga diminta data oleh Dinkes setempat.

"Pimpinan juga langsung mengarahkan ke masing-masing yang bersangkutan untuk pro aktif dengan memeriksakan diri. Jadi langsung diarahkan oleh tim yang berhubungan dengan itu. Nah, di sana (Dinkes) langsung dilaksanakan rapid test," ujarnya.

2. Rapid test empat petugas haji Kemenag Jombang hasilnya negatif

Rapid Test Negatif, 4 Petugas Haji Kemenag Jombang Diisolasi di RumahKasubag tata usaha Kemenag Jombang Emi Chulaimi. IDN Times/zainul arifin

Rapid test itu dilakukan kepada empat petugas dari lingkungan Kemenag Jombang. Menurut Emi, ada beberapa orang petugas yang mengikuti pelatihan manasik haji di Surabaya. Dan untuk yang dari lingkungan Kemenag ada empat orang, sementara lainnya dari tenaga kesehatan Dinkes setempat. Yakni, satu dokter, dua perawat. Untuk satu kloter, biasanya ada lima tenaga.

"Yang dari internal kita empat orang, kalau unsur dari dokter dan perawat, kan dinas kesehatan. Empat orang itu, petugas kloter dan pembimbing ibadah haji. Berdasarkan rapid test, hasilnya negatif corona," ujar mantan Kasi Haji Kemenag Jombang tersebut.

3. Petugas pelatihan manasik haji menjalani isolasi mandiri 14 hari di rumah

Rapid Test Negatif, 4 Petugas Haji Kemenag Jombang Diisolasi di RumahTampak depan kantor Kemenag Jombang. IDN Times/zainul arifin

Ketika rapid test sudah muncul hasilnya, kata Emi, keempat petugas tersebut tetap harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Dalam isolasi itu, mereka selalu dicek kesehatannya untuk mendeteksi munculnya virus tersebut.

"Ketika sudah muncul hasil (rapid tes), tetap harus isolasi 14 hari, karena mungkin khawatir masa inkubasi atau prosesnya baru muncul kemudian, kan juga tidak tahu," ujar Emi.

Baca Juga: Kabupaten Jombang Gunakan Gedung SD untuk Isolasi Pemudik

4. Kemenag sterilisasi dan lakukan penyemprotan cairan disinfektan

Rapid Test Negatif, 4 Petugas Haji Kemenag Jombang Diisolasi di RumahIlustrasi penyemprotan disinfektan ke benda (IDN Times/Istimewa)

Pasca merebaknya wabah virus corona, Kemenag Jombang bersama Dinkes juga melakukan sterilisasi kantor yang berlokasi di jalan Patimura. Sterilisasi itu di antaranya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan kantor.

"Lingkungan kantor baik dalam maupun di luar sudah disemprot cairan disinfektan berkoordinasi dengan pihak Dinkes Pemkab. Kita juga sediakan hand sanitizer," tutup Emi.

Baca Juga: Cuci Baju di Sungai, Perempuan Asal Jombang Tewas Terseret Arus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya