Hindari Virus Corona, Wali Kota Mojokerto Kampanye Wajib Pakai Masker

Bagi-bagi masker dan vitamin ke masyarakat

Mojokerto, IDN Times - Demi mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyarakat agar menggunakan masker jika hendak keluar rumah.

Imbauan itu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Mojokerto. Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama TNI dan Polri Kota Mojokerto melakukan kampanye penggunaan masker di kawasan publik kota setempat.

1. Kampanye menyambangi pasar modern hingga pangkalan tukang becak

Hindari Virus Corona, Wali Kota Mojokerto Kampanye Wajib Pakai MaskerPembagian masker ke Masyarakat pengguna jalan. IDN Times/humas dan protokol Pemkot Mojokerto

Berbagai tempat publik menjadi titik fokus dalam mengampanyekan wajib pakai masker saat beraktifitas di luar rumah. Kawasan publik yang dikunjungi mulai dari pasar modern, perkantoran bank, stasiun hingga tempat pangkalan angkutan umum dan becak.

Ika menyampaikan, tujuan kampanye penggunaan masker tersebut agar masyarakat terhindar dari pandemi virus corona yang semakin meluas penyebarannya.

"Kami imbau masyarakat yang berada di luar rumah untuk memakai masker, agar terhindar dari wabah virus corona," kata Ika Puspitasari, Selasa (7/4).

2. Bagikan masker dan vitamin ke masyarakat

Hindari Virus Corona, Wali Kota Mojokerto Kampanye Wajib Pakai MaskerPembagian masker. IDN Times/Pemkot Mojokerto

Selain memberikan imbauan, perempuan yang akrab disapa Ning Ita tersebut juga memberikan masker dan vitamin kepada para supir angkutan, nasabah bank dan pengunjung pasar modern.

Ia mengatakan, Pemkot setempat tidak mengharuskan masyarakat menggunakan masker bedah atau N-95. Justru, masyarakat diperbolehkan menggunakan masker kain karena dapat digunakan berulangkali setelah dicuci bersih.

"Sementara, masker bedah atau N-95 yang sekali pakai, hanya diperuntukkan bagi petugas medis," tuturnya.

3. Orang tanpa gejala bisa jadi sumber penyakit ketika di luar rumah

Hindari Virus Corona, Wali Kota Mojokerto Kampanye Wajib Pakai MaskerIlustrasi tes swab. IDN Times/Candra Irawan

Ita menyampaikan, bahwa setiap orang bisa menjadi sumber penyakit. Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk gunakan masker kain, karena semua tidak pernah tahu, bahwa orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit ketika di luar rumah.

"Mari pakai masker, untuk melindungi diri dan orang lain," ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat, agar tetap mentaati protokol kesehatan. Seperti physical distancing, selalu mencuci tangan setiap saat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Polda Ungkap Kasus Jual Istri untuk Layani Threesome di Mojokerto

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya