Emak-emak di Jombang Diminta Galakkan Budidaya Ikan dalam Ember

Bupati ajak masyarakat gemar makan ikan

Jombang, IDN Times - Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ema Umiyyatul Chusnah mendorong Kabupaten Jombang, Jawa Timur melaksanakan budidaya ikan dalam ember atau yang disebut Budikdamber.

Budikdamber saat ini menjadi salah satu program pemerintah di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Ini program pemerintah juga, kami mendapatkan program dari KKP, tapi belum maksmimal, karena mungkin (faktor) keterbatasan anggaran," kata perempuan yang akrab disapa Ning Ema tersebut, Rabu (10/3/2021).

1. Satu rumah diberi satu ember

Emak-emak di Jombang Diminta Galakkan Budidaya Ikan dalam EmberBupati Jombang Mundjidah Wahab dan anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah. IDN Times/Zainul Arifin

Budikdamber merupakan teknik memelihara ikan tanpa terhalang oleh ukuran lahan yang terbatas. Meski begitu, tak semua ikan bisa budidayakan menggunakan teknik budikdamber. Legislator PPP itu menyebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Jombang dapat melakukan langkah-langkah pemulihan ekonomi, dengan program Budikdamber.

"Jadi, satu rumah itu diberi satu buah ember yang mana bibit atau benih (ikan) dan pakannya, itu juga dari pemerintah," ujarnya.

“Jadi Ibu-ibu yang bisa menunjang ikan lele, yang di atasnya ada sayurnya dengan pendampingan yang diberikan. Saya mohon kepada yang dari pusat juga untuk menganggarkannya," lanjutnya.

2. Gemarikan cegah stunting ibu hamil dan menyusui

Emak-emak di Jombang Diminta Galakkan Budidaya Ikan dalam EmberSeorang ibu bersama anak balitanya. IDN Times/Zainul Arifin

Sementara itu, dalam kesempatan safari gerakan memasyarakatkan makan ikan atau Gemarikan di Kecamatan Perak, pada Selasa (9/3/2021), Ema mengungkapkan, Gemarikan mempersiapkan kader-kader penerus bangsa agar terjaga dalam hal kecukupan gizi dan nutrisinya.

"Yang mana targetnya sama, pencegahan stunting kepada ibu hamil, ibu menyusui, atau ibu-ibu yang usia produktif, juga kepada remaja-remaja putri," kata mantan anggota DPRD Jombang tersebut.

3. Bupati ajak masyarakat gemar makan ikan

Emak-emak di Jombang Diminta Galakkan Budidaya Ikan dalam EmberBupati Jombang Mundjidah Wahab. IDN Times/Zainul Arifin

Menurut Ema, meskipun Kabupaten Jombang tidak mempunyai laut, namun melalui Gemarikan diharapkan dapat membiasakan anak-anak untuk makan ikan. Sebab, Ikan tu memiliki protein, nutrisi  serta vitaminnya juga tercukupi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab menyambut baik dorongan tersebut. Mundjidah mengajak masyarakat, terutama kepada ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui, remaja putri akan pentingnya makan ikan sejak dini, karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak.

"Sosialisasi Gemarikan ini untuk membangun kesadaran masyarakat agar memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu keluarga," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Berny Ahmad Subki serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Mochammad Gunawan Saleh.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya