Hanya 15 Menit, Puting Beliung Rusak Gudang dan Rumah di Jombang

Korban melihat awan gelap dan hujan sebelum kejadian

Jombang, IDN Times - Gudang dan toko bangunan di Dusun Ngudirejo, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, rusak parah usai diterjang angin puting beliung pada Senin sore (13/6/2022). Selain itu, sejumlah rumah di desa itu juga dilaporkan rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi pada sore tadi.

"Alhamdulillah tidak ada korbannya, semua selamat dalam musibah ini," kata, Fauzan pemilik toko yang rusak akibat diterjang angin kencang kepada wartawan di lokasi kejadian.

1. Anak-anak lari menyelamatkan diri 

Hanya 15 Menit, Puting Beliung Rusak Gudang dan Rumah di JombangBangunan gudang di Jombang roboh diterjang angin puting beliung. IDN Times/Dok. Istimewa

Fauzan menceritakan, sebelum musibah itu terjadi, ia melihat langit gelap lalu turun hujan deras. Tak lama kemudian, embusan angin yang awalnya kecil menjadi kencang disertai dengan beberapa kali suara petir menggelegar.

Sejumlah orang yang ada di dalam toko, termasuk anak-anak langsung berlari keluar khawatir terjadi bencana. Tak lama kemudian, bangunannya porak-poranda dihempas angin.

"Sebelum itu, kondisinya gelap terus petir dan angin mulai kecil lalu membesar besar bercampur hujan deras. Anak anak langsung keluar takut kena serpihan genting. Berlarian karena takut," katanya.

2. Angin kencang berlangsung 15 menit 

Hanya 15 Menit, Puting Beliung Rusak Gudang dan Rumah di JombangPohon di Desa Ngudirejo Jombang tumbang usai diterjang angin kencang. IDN Times/Zainul Arifin

Kepala Desa Ngudirejo, Lantarno mengatakan, kejadian itu sekitar jam 14.00 WIB. Saat itu, hujan deras disertai angin kencang melanda desanya. Peristiwa angin kencang itu, kata Lantarno, hanya berlangsung sekitar 15 menit.

"Sekitar jam 14.00 WIB hujan disertai angin puting beliung, dan anginnya sekitar 15 menit. Kalau hujannya sekitar setengah jam. Cuma angin puting beliung ini sangat kencang,
" ujar Lantarno kepada wartawan

Baca Juga: Puluhan Rumah di Tulungagung Rusak Terkena Puting Beliung

3. Tujuh rumah dilaporkan rusak 

Hanya 15 Menit, Puting Beliung Rusak Gudang dan Rumah di JombangBangunan rumah di Jombang porak poranda diterjang angin puting beliung. IDN Times/Zainul Arifin

Akibat kejadian itu, sejumlah rumah maupun toko milik warga rusak. Kerusakan kebanyakan pada bagian atap bangunan roboh berantakan di tanah. Selain rumah warga, Lantarno menyebut, pagar kantor desa roboh, beberapa pohon tumbang dan tanaman jagung di sawah rusak parah. Belum bisa dipastikan kerugian materiil akibat bencana alam tersebut.

"Banyak pohon tumbang, genting dan asbes rumah berantakan, bahkan baliho di kantor (desa)kami juga roboh berikut juga pagarnya. Laporan kerusakan ada 7 rumah dan masih belum ada laporan lagi," ujarnya.

Baca Juga: Bayi Panti Asuhan di Jombang Diculik, Pelaku Mengaku Ingin Punya Anak

Zain Arifin Photo Community Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya