Permohonan Paspor di Jatim Tembus Angka 400 ribu

Umrah dan haji menjadi permintaan terbanyak

Surabaya, IDN Times - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, Susy Susilawati, menyampaikan bahwa tren permohonan paspor di Jawa Timur terus meningkat setiap tahunnya. Hingga pengujung 2018, dia mencatat ada lebih dari 400 ribu permohonan pembuatan paspor.

“Dengan jumlah penduduk yang mencapai 39 juta, permintaan paspor meningkat setiap tahun. Sampai November ini ada 437.970 permohonan,” kata Susy saat meresmikan Unit Layanan Paspor Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya, Kamis (22/11).

1. Ada lebih dari 21 ribu warga jatim yang membuat paspor

Permohonan Paspor di Jatim Tembus Angka 400 ribuIDN Times/Vanny El Rahman

Sebagaimana diketahui, mereka yang berdomisili tidak sesuai KTP-nya diizinkan untuk membuat paspor di tempat mereka tinggal. Ada lebih dari 21 ribu warga Jawa Timur yang membuat paspor tahun ini.  “Permintaan e-paspor mencapai 21.468, paspor biasa 48 halaman mencapai 389, dan paspor 24 halaman mencapai 27 ribu,” tambah Susy.

2. Jawa Timur memiliki 14 tempat membuat paspor

Permohonan Paspor di Jatim Tembus Angka 400 ribuIDN Times/Vanny El Rahman

Meski permintaannya cukup tinggi, Jawa Timur baru memiliki 14 tempat pembuatan paspor. “Kami melayani permintaan paspor di 9 Kantor Imigrasi, di Bojonegoro ada UKK, ada 3 unit layanan pembantu (ULP). Tambah dengan ini (ULP yang baru diresmikan) menjadi 14 totalnya,” terang dia. “Tentunya masyarakat ingin pembuatan paspor yang mudah, dapat dijangkau, dan tidak berbelit-belit,” sambungnya.

3. Umrah dan haji menjadi alasan terbanyak

Permohonan Paspor di Jatim Tembus Angka 400 ribuDok. IDN Times/ Istimewa

Menurut Susy, umrah dan haji menjadi alasan paling banyak warga Jawa Timur untuk membuat paspor. “Kemarin ada musim haji dan juga umroh itu yang paling tinggi. Terus ada juga paket-paket wisata libur yang terjangkau. Itu mendongkrak permintaan ya,” tegasnya.Di sisi lain, Susy melihat meningkatnya permintaan paspor sebagai tanda bahwa ekonomi warga Jawa Timur semakin baik.

Baca Juga: Ini 10 Paspor Terkeren di Dunia. Indonesia Termasuk!

4. ULP di Lenmarc Mall baru diresmikan

Permohonan Paspor di Jatim Tembus Angka 400 ribuIDN Times/Vanny El Rahman

Untuk diketahui, Kemenkumham Jawa Timur bersama Ditjen Imigrasi baru saja meresmikan ULP di Lenmarc Mall Surabaya. Lokasinya tepat di lantai LG Lenmarc Mall Jalan Mayjen Yono Suwoyo No. 9.

Dengan penambahan satu unit pelayanan, Susy berharap antrian pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya bisa terurai.

Baca Juga: Warga Surabaya Kini Bisa Buat Paspor di Lenmarc Mall Lho!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya