Pasca Operasi Pemisahan, Jantung Azila Berada di Sebelah Kanan

Jantungnya sengaja tidak dipindahkan ke kiri

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 70 tim dokter yang bertugas menangani operasi pemisahan bayi kembar siam asal Kendari, Aqila-Azila, berhasil menorehkan catatan emas. Operasi berlangsung lancar dan tidak menemukan kendala yang berarti.

“Alhamdulillah, atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa, operasi berjalan lancar. Rencana operasinya 12 jam, tapi ternyata lebih pendek,” kata Ketua Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD Dr Soetomo, dr. Agus Harianto, di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Kamis (15/8).

1. Jantung Azila berada di sebelah kanan

Pasca Operasi Pemisahan, Jantung Azila Berada di Sebelah KananIDN Times/Vanny El Rahman

Mereka hanya memiliki satu rongga dada padahal terdapat dua jantung yang berbeda. Menurut dr. Heru, setelah pemisahan jantung Azila berada di bagian kanan.

“Setelah terpisah kami evaluasi bagaimana jantungnya. Ternyata (posisinya) mengarah ke kanan bukan kiri. Dan kami tidak mengembalikan ke sisi kiri karena itu kelainan alamiah, itu natural,” ungkap salah satu anggota tim dokter itu.

2. Membuat dinding dada buatan

Pasca Operasi Pemisahan, Jantung Azila Berada di Sebelah KananIDN Times/Vanny El Rahman

Permasalahan lainnya adalah Azila tidak memiliki rongga dada. Untuk menyiasatinya,  Heru akhirnya memasang plat yang terbuat dari logam mulia untuk melindungi jantungnya.

“Kami kemudian menggabungkan dinding dada kiri dan kanan untuk jadi satu supaya bernapasnya efektif dan tidak lama bernapas dengan ventilator,” tambahnya.

Baca Juga: Lebih Cepat dari Prediksi, Aqila-Azila Berhasil Dipisahkan

3. Tim dokter siap siaga di Surabaya

Pasca Operasi Pemisahan, Jantung Azila Berada di Sebelah KananIDN Times/Vanny El Rahman

Seluruh tim dokter siaga dengan setiap kondisi yang ada. Mereka bahkan berkomitmen tidak meninggalkan Surabaya hingga operasi tuntas dan Aqila-Azila berhasil melewati masa kritisnya.  “Sekarang yang mewaspadai apakah ada infeksi. Kami terus memberikan nutrisi. Saya harapkan masa adaptasi, kritisnya cepat berlalu,” tutup dr. Agus.

Baca Juga: Gelisahnya Jayasrin Saksikan Anak Kembar Siamnya Dioperasi Pemisahan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya