Parade Juang 2019 akan Diramaikan Delegasi Asal Rusia

Ayo rek rame-rame teko gawe nyambut Hari Pahlawan

Surabaya, IDN Times- Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar event tahunan Parade Juang, Sabtu besok (9/11). Tahun ini, Parade Juang kian semarak dengan keterlibatan tiga ribu peserta.

Adapun tema Parade 2019 adalah “Wira Bangsa” yang berarti “Pahlawan Bangsa”.

"Tujuannya untuk mentransfer nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi muda yang dikemas dalam bentuk parade dan seni teatrikal. Karena konsepnya itu, maka kami mengangkat tokoh pahlawan di seluruh nusantara,” terang Kepala Disbudpar Surabaya Antiek Sugiharti melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (8/11).

1. Dua kota asal Rusia akan turut ambil bagian

Parade Juang 2019 akan Diramaikan Delegasi Asal RusiaSuasana Parade Juang 2018 di sekirar Tugu Pahlawan. IDN Times/Reza Iqbal

Antiek menyampaikan bahwa Parade Juang tahun ini turut mengajak delegasi dari dua kota asal Rusia, yaitu St. Petersburg dan Volgograd. Untuk diketahui, kedua kota itu dikenal sebagai Kota Pahlawan di negara asalnya. Sama seperti Surabaya di Indonesia.

"Mereka berpartisipasi kegiatan Hari Pahlawan dari pameran foto di Museum 10 November beberapa waktu lalu, kemudian ikut Parade Juang, sampai nanti peringatan upacara 10 November,” tambahnya.

2. Mendatangkan perwakilan pemerintah pusat

Parade Juang 2019 akan Diramaikan Delegasi Asal RusiaTeatrikal yang ditampilkan saat Parade Juang 2018. IDN Times/Reza Iqbal

Selain delegasi negara sahabat, Direktur Sejarah dari Kemendikbud akan hadir untuk menyaksikan langsung bagaimana daerah berjuluk Kota Pahlawan ini menghargai usaha para pejuang kemerdekaannya. Termasuk bagaimana cara Pemkot Surabaya mendekatkan nilai-nilai kepahlawanan terhadap generasi muda.

"Beliau hadir untuk mengikuti kegiatan yang ada di sini. Seperti yang kita ketahui, Surabaya dijadikan contoh sebagai pengembangan budaya dan pengembangan pendidikan karakter untuk anak,” papar Antiek.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Pesantren Ini Gelar Panahan Berkuda Internasional

3. Wali Kota Risma akan membacakan puisi

Parade Juang 2019 akan Diramaikan Delegasi Asal RusiaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini sidak ke Stadion GBT, Selasa (5/11). Dokumentasi Humas Pemkot Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak mau ketinggalan untuk meramaikan acara. Rencananya, Risma akan membacakan puisi karya KH Mustofa Bisri.

“Nanti pembacaan puisi ini dibacakan langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di depan Hotel Majapahit,” tutup dia.

Baca Juga: Parade Juang: Risma Naik Panser hingga Dorong Veteran

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya