Kunjungi Sumenep, Menteri Sosial Beri Santunan pada Korban Gempa

Semoga segera pulih

Sumenep, IDN Times - Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengunjungi Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (11/10). Agus berniat menemui para korban yang menderita akibat gempa dengan magnitudo 6,4 yang mengguncang Situbondo. 

"Mewakili pemerintah pusat saya mengucapkan turut berduka cita atas bencana gempa bumi yang terjadi dini hari tadi (11/10). Kepada keluarga korban meninggal semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Kepada 24 warga mengalami luka-luka semoga segera pulih," kata Agus usai menyambangi para korban di Puskesmas Gayam. 

Baca Juga: Pasca Gempa, Aktivitas di Kota Sumenep Normal

1. Menyerahkan santunan kepada ahli waris korban yang meninggal dunia

Kunjungi Sumenep, Menteri Sosial Beri Santunan pada Korban GempaDok. IDN Times/Istimewa



Terkait tiga korban yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat tidur, Agus menyerahkan bantuan kepada para ahli waris atas nama H. Nadar, Nuril Kasmilia, dan Sarwini. 

Selain itu, Mensos juga menyerahkan bantuan berupa 20 tenda gulung, 50 velbed, 60 selimut, 60 paket sandang, 20 kasur, 20 foodware, dan enam tenda keluarga.

2. Bantuan dari pemerintah penting untuk memberikan harapan hidup

Kunjungi Sumenep, Menteri Sosial Beri Santunan pada Korban GempaDok. IDN Times/Istimewa

Menurut Agus, dalam kondisi bencana gempa bumi seperti ini, kehadiran pemerintah di lokasi sangat penting untuk memastikan segala keperluan warga terpenuhi. 

"Dengan kami hadir di tengah-tengah mereka, ada semangat untuk bangkit, ada perasaan tenang karena mereka tidak sendiri. Saat yang sama pemerintah harus bekerja cepat dan tanggap dalam penanganan korban bencana," terang dia.

3. Ratusan rumah rusak akibat gempa

Kunjungi Sumenep, Menteri Sosial Beri Santunan pada Korban GempaDok. IDN Times/Istimewa

Sebagaimana diketahui, BNPB menyampaikan bahwa sekitar 210 rumah rusak di Kecamatan Gayam dan 31 rumah luluh lantah di Kecamatan Nunggunong. 

Adapun korban nyawa sebanyak tiga orang dan sekitar 24 orang mengalami luka-luka. Dari jumlah tersebut, 16 diantaranya sudah mendapatkan perawatan lebih lanjut di Puskesmas Kecamatan Gayam.

Baca Juga: Daftar Nama Korban Meninggal dan Luka-luka Setelah Gempa Situbondo 

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya