Jelang Puncak Arus Mudik, 40 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Jawa Timur

Peningkatan volume kendaraan hampir dua kali lipat

Surabaya, IDN Times- Memasuki puncak arus mudik, tol Trans Jawa sepertinya menjadi primadona pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih. Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh PT Jasa Marga, pada 29-30 Mei 2019, tercatat lebih dari 40.542 kendaraan yang melintasi tol Trans Jawa. wilayah Jawa Timur.

 

 

1. Jumlahnya meningkat dua kali lipat dari hari normal

Jelang Puncak Arus Mudik, 40 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Jawa TimurDok. Jasa Marga

 

 


Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengatakan bahwa kenaikan volume kendaraan di tol Trans Jawa Timur mencapai 46,87 persen dari hari biasanya.

 


“Lalu lintas mudik arah Surabaya melalui GT Waru Gunung Jalan Tol Surabaya-Mojokerto selama dua hari mencapai 40.542 kendaraan. Lalu lintas harian rata-rata normal (LHR) sebesar 27.604 kendaraan,” katanya melalui keterngan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (31/5). 

 

 

2. Berikut rincian kendaraan selama dua hari

Jelang Puncak Arus Mudik, 40 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Jawa TimurDok. Jasa Marga

 


Pada tanggal 29 Mei, ada 20.090 kendaraan yang melintasi tol tersebut, meningkat 45,56 persen dari LHR normal sekitar 13.802 kendaraan. Sementara, pada 39 Mei, ada 20.452 kendaraan, naik 48,18 persen dari LHR normal sekitar 13.802 kendaraan.

 

 

3. Berikut skema Jasa Marga atasi penumpukan kendaraan

Jelang Puncak Arus Mudik, 40 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Jawa TimurDok.IDN Times/Istimewa

 


Untuk mengantisipasi kepadatan di GT Waru Gunung, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) berkoordinasi dengan kepolisian. Skemanya adalah membagi beban transaksi, baik entrance maupun exit, melalui sistem buka/tutup.

 


“Strategi lainnya ialah memfungsikan mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi,” tambahnya.

 

 

4. Turut menambah gardu operasi

Jelang Puncak Arus Mudik, 40 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Jawa TimurDok. Jasa Marga

 

 


Selain itu, kelompok usaha Jasa Marga yang beroperasi di Jawa Timur juga menambah gardu operasi di GT Waru Gunung, yang merupakan GT barrier (utama) di cluster 3 (Banyumanik-Waru Gunung). “Totalnya, GT Waru Gunung akan memiliki 10 gardu entrance dan 11 gardu exit,” tutup Irra.

Baca Juga: Top 10 Destinasi Mudik Lebaran di Malang Raya, Dijamin Seru!

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya