Gempa 5,0 Magnitudo di Sumenep, Pemprov Jatim Siap Tanggung Kerusakan

Kerusakan akan ditanggung sesuai SOP yang ada

 

Surabaya, IDN Times - Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Sumenep, Jawa Timur, pada Selasa (2/4) pagi. Untungnya gempa tersebut tidak menyebabkan kerusakan signifikan. Sejauh ini tidak ada korban nyawa pada insiden tersebut.

"Sudah saya koordinasikan dengan Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dengan Pak Sekda. Sejauh ini hanya satu orang yang dibawa ke RS, ke Puskesmas. Kemudian saya lihat di fotonya diinfus," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Universitas Wijaya Kusuma, Selasa (2/4).

1. Tetap waspada dengan segala kemungkinan bencana

Gempa 5,0 Magnitudo di Sumenep, Pemprov Jatim Siap Tanggung KerusakanIDN Times/Agus Prabowo

 

Kendati kerusakan tidak terlalu parah, Khofifah tetap mengimbau terkait potensi bencana susulan. Karena itu, dia meminta Sekda dan Kepala BPPD terus memberikan kabar terbaru.

"Kedua-duanya saya sudah mengkoordinasikan, foto-foto yang terupdate saya terus minta dikoordinasikan dan saya rasa kita semua melakukan monitoring. Mudah-mudahan tidak ada hal yang menghawatirkan," ungkap dia.

Baca Juga: Kunjungi Madiun, Khofifah Minta Satpol PP Melek Teknologi

2. Siap menanggung kerusakan sebagaimana aturan yang berlaku

Gempa 5,0 Magnitudo di Sumenep, Pemprov Jatim Siap Tanggung KerusakanIDN Times/Agus Prabowo

 

Beberapa bangunan dikabarkan rusak akibat gempa yang dampaknya terasa hingga Banyuwangi itu. Mantan Menteri Sosial RI itu menyampaikan bila pihak Pemprov siap menanggung kerusakan.

"Kan ada SOP-nya kalau rusak berapa kira-kira pemerintah akan memberikan konversi dalam bentuk bangunan seperti apa dan berapa. Rusak sedang brp, kalau tusak ringan berapa. Saya rasa kami tetap menjalankan SOP Itu," tutur dia.

3. Berikut informasi gempa

Gempa 5,0 Magnitudo di Sumenep, Pemprov Jatim Siap Tanggung KerusakanIDN Times/Sukma Shakti

 

Berdasarkan keterangan Basan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo terjadi sekitar pukul 08.22 WIB.

Adapun titik gempa berada di 7,24 lintang selatan dan 114,60 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menyampaikan bila gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 Kembali Guncang Aceh Sore Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya