Empat Hari Terbakar, Bangkai Gerbang Samudra I Masih Keluarkan Asap

3 ABK hilang masih belum ditemukan

 

Surabaya, IDN Times - Selang empat hari setelah Kapal Roro KM Gerbang Samudra 1 terbakar di Perairan Karang Jamuang, Tim SAR gabungan masih merasakan hawa panas yang menandakan bahwa api belom lama padam.

“Masih keluar sedikit asap dari beberapa bagian kapal,” ujar Satrio Nurridanto selaku PH Kasiops dan Komandan Tim Basarnas Surabaya, Kamis (6/12).

1. Tim SAR sudah bisa menyisir bangkai kapal

Empat Hari Terbakar, Bangkai Gerbang Samudra I Masih Keluarkan AsapDok. IDN Times/Istimewa

Menggunakan KN SAR 225, tim sekoci yang terdiri dari lima orang berhasil tiba di bangkai kapal. Mereka kemudian melakukan penyisiran di anjungan, upper deck, dan deck 2. “Deck 3 dipantau dari jendela haluan,” tambah Satrio.

Baca Juga: Kapal Gerbang Samudra 1 Terbakar dan Hanyut, Begini Kronologinya

2. Belum menemukan 3 ABK yang hilang

Empat Hari Terbakar, Bangkai Gerbang Samudra I Masih Keluarkan AsapDok. IDN Times/Istimewa

Hingga saat ini, masih ada 3 anak buah kapal (ABK) yang belum diketahui keberadaannya. Mereka adalah Soehaldani, Silka Malal Marifat, dan Nurul Fadilah. Ketiganya merupakan kadet magang sekolah pelayaran. “Tanda-tanda korban tidak ditemukan,” imbuhnya

3. Kapal berlayar dari Surabaya menuju Banjarmasin

Empat Hari Terbakar, Bangkai Gerbang Samudra I Masih Keluarkan AsapDok. IDN Times/Istimewa

Sebagaimana diketahui, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 WIB pada Minggu (2/12) kemarin. Kapal rencananya akan berlayar selama 23 jam setelah bertolak dari Tanjung Perak pada pukul 21.00 WIB menuju Pelabuhan Bandarmasih, Banjarmasin. Namun, tiba-tiba kobaran api muncul di bagian depan kapal.

“Setelah itu nahkoda berusaha untuk memadamkan api, tapi api semakin membesar. Oleh karena itu, diambil keputusan untuk melakukan evakuasi,” papar Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Dwi Budi Strisno.

KM Gerbang Samudra 1 kemudian mengirim sinyal SOS untuk meminta bantuan. Sinyal itu diterima oleh Kapal Pan Marine 11 kemudian dibantu KM Kumala. Seluruh penumpang KM Gerbang Samudra 1 kemudian dievakuasi ke dua kapal itu. 

Baca Juga: KM Gerbang Samudra 1 Terbakar, SAR Diturunkan untuk Cari 3 ABK Hilang

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya