Comscore Tracker

Ditanya Soal Kepemimpinan Risma, Cak Sholeh: Dulu bukan Siapa-Siapa

Cak Sholeh siap mewarisi kepemimpinan Risma

Surabaya, IDN Times - Bakal calon Wali Kota Surabaya dari jalur independen, M. Sholeh, menggandeng budayawan Taufik Hidayat sebagai wakilnya demi menghadapi Pilwali 2020 nanti. Keduanya optimis menang dan yakin bisa membawa Surabaya lebih baik lagi.

Ketika ditanya soal prestasi Wali Kota Tri Rismaharini, pengacara yang karib disapa Cak Sholeh itu mengakui bahwa Risma telah menorehkan tinta emas selama dua periode kepemimpinannya.

“Tidak dipungkiri, survei atau pendapat publik di media sosial, bahwa Bu Risma gak ada tandingannya, iya. Tapi, yang harus dilihat, pada 2010 di periode pertamanya, Bu Risma bukan siapa-siapa. Artinya, ada pembuktian lima tahun baru dianggap berhasil. Kalau Bu Risma boleh nyalon lagi saya juga gak akan maju,” kata Cak Sholeh di depan Museum HOS Tjokroaminoto, Gang Peneleh VII, Surabaya, Kamis (14/11).

1. Surabaya sudah siap membuka lembaran baru

Ditanya Soal Kepemimpinan Risma, Cak Sholeh: Dulu bukan Siapa-SiapaDeklarasi Sholeh-Taufik sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Kamis (14/11). IDN Times/Vanny El Rahman

Sesuai aturan yang berlaku, periode 2015-2020 adalah pengabdian terakhir Risma sebagai Wali Kota Surabaya. Oleh sebab itu, Cak Sholeh menuturkan bahwa Surabaya harus siap menyambut lembaran baru.

“Mau tidak mau, Bu Risma sudah selesai. Kita bicara lembaran baru, nah lembaran baru ini gak boleh ‘oh biar Bu Risma saja yang milih’ zamannya bukan begitu. Zaman sekarang adalah orang memilih yang paling disukai, yang dianggap baik,” papar Cak Sholeh.

2. Cak Sholeh turut mengkritisi kepemimpinan Risma

Ditanya Soal Kepemimpinan Risma, Cak Sholeh: Dulu bukan Siapa-SiapaSeniman Taufik Hidayat alias Monyong saat memberikan orasi pada acara deklarasi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya. IDN Times/Vanny El Rahman

Sepuluh tahun kepemimpinan Risma tentu tidak luput dari kesalahan. Salah satu yang Cak Sholeh kritisi adalah bagaimana Pemerintah Kota gagal dalam menyelesaikan persoalan Surat Ijo, PDAM, hingga perkara parkiran. Hubungan Risma dengan wakilnya juga menjadi bahan sorotan.

“Semua orang tahu, Bu Risma gak rukun dengan wakilnya, gak kayak Gresik, gak kayak Sidoarjo, yang dalam acara bupati dan wakil bupatinya ada, senyum bareng. Saya dengan Cak Taufik sudah kenal lebih dari 20 tahun, ini bukan pasangan yang ujug-ujug,” papar dia.

Baca Juga: Larangan Salam Lintas Agama, Risma: Gak Bisalah Wargaku Macam-macam

3. Optimis bisa mengungguli calon wali kota lainnya

Ditanya Soal Kepemimpinan Risma, Cak Sholeh: Dulu bukan Siapa-SiapaDeklarasi M. Sholeh dan Taufik Hidayat bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020-2025

Dengan berakhirnya masa bakti Risma, Cak Sholeh yakin tidak ada sosok kuat yang memiliki kemungkinan menang hingga 80 persen. Oleh sebab itu, dia optimis bisa memenangi Pilwali Surabaya yang dilaksanakan pada September 2020 nanti. 

Keyakinan akan kemenangan juga datang karena Cak Sholeh dan Cak Taufik maju melalui jalur independen. Cak Sholeh memiliki kepercayaan bahwa masyarakat Surabaya sudah jengah dengan pemimpin yang tidak tulus berjuang demi rakyat, bahwa dalam memutuskan kebijakan masih dipengaruhi oleh partai politik.

Baca Juga: Sholeh dan Taufik Deklarasi Calon Wali Kota Surabaya Jalur Independen

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah

Just For You