Ansor dan PMII Tolak Rocky Gerung di Tuban, Ini Kata Tokoh NU Jatim

Rocky mengaku hanya berniat mengajarkan satir

Surabaya, IDN Times - Tokoh senior Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, Choirul Anam, angkat bicara soal penolakan diskusi "Akal Sehat" Rocky Gerung di Tuban yang dilakukan oleh 9 organisasi masyarakat (ormas), diantaranya PAC Ansor Tuban dan PMII.

"Saya ini ketua Ansor 2 periode di Jawa Timur, saya jamin gak ada ormas-ormas yang begitu," kata Cak Anam saat menggelar konferensi pers di Gedung Astranawa, Selasa (19/3).

1. Pembatalan tidak harus mendapatkan surat izin

Ansor dan PMII Tolak Rocky Gerung di Tuban, Ini Kata Tokoh NU JatimIDN Times/Vanny El Rahman

 

Rencananya, dialog bersama santri akan digelar di Pondok Pesantren Yanbu'ul Ulum hari ini. Satu hari sebelum acara, Polres Tuban menggelar mediasi antara pihak pelaksana dengan 9 ormas yang menolak.

Polres mengatakan bahwa acara yang mengundang Rocky Gerung, pembicara kelas nasional, harus mendapat izin dari Kepolisian Daerah (Polda).

"Gak perlu izin-izinan. Kita ini negara merdeka. Cukup surat pemberitahuan," terang lelaki yang karib disapa Cak Anam itu.

2. Ormas dan Pihak Polres diajak ikut acara

Ansor dan PMII Tolak Rocky Gerung di Tuban, Ini Kata Tokoh NU JatimIDN Times/Teatrika Handiko Putri

 

Cak Anam meyakinkan kepada publik bahwa diskusi bersama Rocky Gerung memiliki maksud baik. Karenanya, ia mempersilahkan agar polisi bersama 9 ormas tersebut hadir saat acara berlangsung.

"Diskusinya tentang akal sehat, kenapa harus takut. Nanti silahkan ormas dan polisi ikut. Kalau salah ngomog baru diingatkan," ujar tokoh NU yang mendukung Prabowo-Sandi itu.

Baca Juga: Rocky Gerung: Politik Emak-emak Memegang Kendali Bangsa

3. Cak Anam mengingatkan agar panitia lebih tanggung jawab

Ansor dan PMII Tolak Rocky Gerung di Tuban, Ini Kata Tokoh NU JatimIDN Times/Vanny El Rahman

Karena acara sudah terlanjur dibatalkan, Cak Anam mengingatkan panitia penyelanggara untuk lebih berani bersikap. Ia menilai apa yang dilakukan panitia sudah sesuai prosedur.

"Panitia harus brrani tanggung jawab. Gak ada penolakan dari polisi atau ormas-ormas. Ini hanya ketakutan panitia saja."

4. Rocky berniat mengajarkan satir

Ansor dan PMII Tolak Rocky Gerung di Tuban, Ini Kata Tokoh NU JatimIDN Times/Vanny El Rahman

Rocky mengatakan, tidak ada konten khusus yang ingin dia sampaikan pada diskusi tersebut. Layaknya forum diskusi yang sering ia hadiri, Rocky mengaku hanya ingin mengajarkan membuat kalimat-kalimat satir dan ungkapan metafora.

Baca Juga: Rocky Gerung Ditolak di Tuban, Begini Kronologi Versi Panitia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya