Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai Terlupa

Diperhatikan ya!

Surabaya, IDN Times - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2020 akan digelar pada 8-26 Februari mendatang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Graha Unesa. Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto mengimbau agar para peserta menyiapkan semua hal yang dibutuhkan dalam tes.

1. Pastikan membawa KTP

Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai Terlupailustrasi KTP-el (dispendukcapil.surakarta.go.id)

Hal penting yang pertama yang disampaikan oleh Benny adalah peserta jangan sampai tidak membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Benny juga mengatakan bahwa peserta wajib mengenakan baju warna putih dan bawahan hitam. “Peserta wajib membawa KTP. Kalau tidak membawa, harapan kalian untuk mengikuti tes SKD akan pupus,” kata Benny Kamis (6/2).

2. Datang 30 menit sebelum tes dimulai

Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai Terlupapexels/Marius Mann

Karena banyaknya yang mengikuti tes ini, Benny juga mengimbau agar peserta memperhitungkan waktu berangkatnya.

“Minimal setengah jam sebelum tes yang dimulai pukul 07.00 WIB sudah harus di lokasi. Mereka harus mengikuti proses pengesahan kartu tes. Peserta yang terlambat datang tes tidak akan diperkenankan mengikuti tes,” jelas Benny.

3. Jangan lupakan kartu tanda peserta

Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai TerlupaSuasana Persiapan Tes SKD CPNS 2020 Jawa Timur (6/2). Dokumentasi BKD Jatim

Kecerobohan peserta juga harus diminimalisir. Tak jarang peserta meninggalkan kartu pesertanya. Benny mengimbau untuk selalu mengecek laman resmi dan mencetak kartu pesertanya. “Terus pantau laman resmi kami. Kalau sudah diterima administrasi, langsung cetak kartu pesertanya,” kata Benny.

Baca Juga: Tes CPNS di Banyuwangi, Peserta Telat Langsung Gugur

4. Imbau peserta dan keluarga agar tak percaya oknum nakal

Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai TerlupaSuasana Persiapan Tes SKD CPNS 2020 Jawa Timur (6/2). Dokumentasi BKD Jatim

Selain teknis soal tes, Benny juga meminta agar peserta dan keluarganya lebih selektif dalam menjaring informasi. Menurut dia, tes yang digelar selama 18 hari ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan gratis tanpa dipungut biaya. “Proses seleksi dari awal hingga akhir tes CPNS ini bersih, saya harap keluarga dan peserta tidak peduli omongan oknum,” pungkas Benny.

Di Jawa Timur sendiri, Benny mengatakan bahwa sebanyak 54.600 orang dinyatakan lulus administrasi. “Nantinya diambil dari jalur umum sebanyak 1.745, disabilitas 36 orang, dan cumlaude 36," ujarnya.  Keseluruhan formasi tersebut untuk posisi sebagai tenaga guru sebanyak 1.133 kursi, tenaga kesehatan sebanyak 322 kursi dan teknis 362 kursi.

Baca Juga: 600 Komputer Disiapkan untuk Tes SKD CPNS 2020 Pemprov Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya