Partai Demokrat Mantap Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020

Sang jenderal terus bergerak menggalang dukungan

Surabaya, IDN Times - Gema Machfud Arifin mendeklarasikan dirinya di Pilwali Surabaya 2020 semakin menggaung. Kali ini giliran Partai Demokrat yang menyatakan kesediaannya mengusung mantan Kapolda Jatim tersebut.

Demokrat telah menyosialisasikan pencalonan Machfud sebagai bacawali Surabaya kepada para kadernya. 

"Pada kesempatan ini saya dan segenap kader Partai Demokrat menyatakan kesanggupan kami untuk mengusung Machfud Arifin di Pilwali 2020 September mendatang" ujar Plt Ketua DPC Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari, Jumat malam (24/1).

1. Machfud terpilih dari beberapa pendaftar yang lainnya

Partai Demokrat Mantap Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020Penyerahan kembali formulir pendaftaran Walikota kepada Machfud Arifin (24/1). IDN Times/Tarida Alif

Lucy menjelaskan, sejatinya ada sejumlah nama yang mengambil formulir dan mendaftar ke Demokrat untuk diusung pada Pilwali Surabaya 2020. Namun, dia enggan menjabarkan siapa saja sosok-sosok tersebut.

Yang pasti, Lucy menegaskan bahwa Machfud adalah pemilik nilai tertinggi di antara yang lainnya.

"Ada beberapa nama, namun dari sekian nama tersebut Machfud Arifin yang memenuhi ekspektasi kami dan sekaligus pemilik nilai tertinggi dari aspek-apek yang kami pertimbangkan" tegas Lucy.

2. Lucy berharap Machfud gandeng kader Demokrat sebagai wakilnya

Partai Demokrat Mantap Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020Lucy Kurniasari di Sosialisasi Bakal Calon Walikota (24/1). IDN Times/Tarida Alif

Terhitung kurang dari delapan bulan menuju kontestasi politik Kota Pahlawan, Machfud sampai saat ini belum menunjukkan atau bahkan memberikan isyarat siapa yang akan menjadi wakilnya. Lucy mengharapkan Machfud menggandeng kadernya.

"Perkara wakil kami serahkan sepenuhnya kepada beliau. Jelasnya kami berharap Machfud gandeng dari kami(demokrat)," tutur mantan Ning Surabaya tersebut.

Baca Juga: NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota Surabaya

3. Belum ada partai yang mengajukan bakal calon wakil wali kota mendampingi Machfud

Partai Demokrat Mantap Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020Suasana Sosialisasi Bakal Calon Walikota Surabaya (24/1). IDN Times/Tarida Alif

Sementara itu, Machfud mengaku jalan yang dilaluinya untuk maju Pilwali Surabaya masih panjang. Sejauh ini, belum ada partai politik yang mengusung nama pendamping baginya.

"Masih jauh menuju sana. Perlu ada proses yang panjang. Jokowi saja sepakat di 5 menit terakhir. Belum ada yang menyetorkan nama hingga saat ini" ujar Machfud.

4. Terus jalin komunikasi dengan partai lainnya

Partai Demokrat Mantap Usung Machfud Arifin di Pilwali Surabaya 2020Machfud Arifin dalam Sosialisasi Bakal Calon Walikota (24/1). IDN Times/Tarida Alif

PAN, PKB, Gerindra, PPP, hingga Nasdem disebut sudah menyatakan kesediaan untuk mengawal Machfud hingga menjadi pemenang. Machfud juga memperkuat koalisinya dengan menjalin komunikasi dengan partai yang lainnya.

"Saya tak pernah putus komunikasi dengan partai lain yang belum menjadi koalisi. PPP sudah menyetujui koalisi dengan saya. Sisanya masih akan kami komunikasikan terus menerus" pungkasnya.

Baca Juga: Rekomendasi "Surat Cinta" PKB Resmi Turun ke Machfud Arifin

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya