Comscore Tracker

Mulai Memanas, Empat Partai Ini Sudah Umumkan Bacawali Surabaya

Mereka masih menunggu rekomendasi dari pimpinan pusat

Surabaya, IDN Times - Pilkada serentak tahun 2020 akan dilakukan pada September 2020 mendatang. Meski masih delapan bulan lagi, beberapa partai sudah mulai mencari nama-nama potensial yang akan mereka ajukan pada kontes politik tersebut. Salah satunya terlihat di Surabaya. Setidaknya sudah empat partai politik yang sudah mempublikasi nama bakal calon wali kota yang mereka ajukan ke Dewan Pengurus Pusat untuk mendapatkan rekomendasi. 

1. PAN sodorkan nama mantan Kapolda Jatim dan pengacara

Mulai Memanas, Empat Partai Ini Sudah Umumkan Bacawali SurabayaANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Partai Amanat Nasional (PAN) telah meyodorkan nama kandidat yang akan maju dalam Pilkada Surabaya 2020. Kandidat yang diusung oleh partai ini adalah Machfud Arifin, mantan Kapolda Jatim.

Sebaliknya, Machfud Arifin mengaku sudah membangun komunikasi dengan tiga partai lainnya untuk mengusungnya. Selain Machfud, ada juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia, Hariyanto.

2. Gerindra bawa empat nama ke DPP

Mulai Memanas, Empat Partai Ini Sudah Umumkan Bacawali SurabayaSuasana Rakercabsus DPC Partai Gerindra Surabaya, Sabtu (11/1). IDN Times/Fitria Madia

Tak mau kalah dengan PAN, Gerindra Surabaya juga telah menyodorkan nama Bacawalinya ke pusat. Dari 18 nama yang masuk di DPC, terpilih empat nama yang dinilai layak maju Bacawali 2020. Empat nama tersebut merupakan adalah mantan juru bicara Prabowo-Sandi Gamal Albinsaid, pengasuh Queen Al Azhar Jombang Zahrul Zahar, mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin, serta Ketua DPC Peradi Surabaya Hariyanto. 

3. Lima kader PKS nyatakan kesiapannya maju pada Pilwali

Mulai Memanas, Empat Partai Ini Sudah Umumkan Bacawali SurabayaLaunching bacawali Surabaya dari PKS di Hotel Singgasana, Minggu (5/1). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Jika partai lain menyodorkan nama Bacawali dari kalangan eksternal, PKS sebaliknya. Mereka menyodorkan 5 nama kader mereka sendiri pada Pilwali 2020. Kelimanya antara lain, Ahmad Suyanto, Ahmad Jabir, Achmad Zakaria, Reni Astuti dan Achmad Zakaria. PKS juga sudah membuka koalisi dengan parpol nasionalis hingga parpol agamis.

Baca Juga: Kini PAN, Machfud Arifin akan Dekati Semua Partai untuk Pilwali

4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Mulai Memanas, Empat Partai Ini Sudah Umumkan Bacawali SurabayaFoto hanya ilustrasi. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Sebagai partai yang mendominasi Surabaya 20 tahun terakhir, PDIP menjadi salah satu partai yang paling disorot. Setidaknya dua nama diprediksi akan berebut rekomendasi Ketua Umum, Megawati Soekarno Putri. Selain Whisnu Sakti Buana yang diusung oleh DPC PDIP Surabaya, ada juga nama Kepala Bappeko, Eri Cahyadi. 

Nama terakhir merupakan "anak emas" Tri Rismaharini. Risma sendiri enggan menjawab tentang kebenaran kabar bahwa ia menyetor nama Eri ke DPP PDIP. Ia hanya menyebut nama yang diusulkan tersebut memiliki keselarasan baik visi maupun misi dengan kepemimpinannya. 

Baca Juga: "Anak Emas" Risma hingga Pengacara, Kenali Bacawali Kota Surabaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You