Segera Dikerjakan, Renovasi Stadion Kanjuruhan Telan Biaya Rp1 Triliun

Pembangunan direncanakan terealisasi tahun ini

Malang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mengkonfirmasi kalau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan renovasi pada Stadion Kanjuruhan di Jalan Trunojoyo, Dusun Krajan, Desa Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Malang, Muhammad Sanusi.

Sanusi mengatakan jika pembangunan akan dimulai pada tahun ini, tapi ia tidak mengatakan secara detail jadwalnya. Ia juga mengatakan kalau pembangunan akan menggunakan biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

1. Sanusi mengatakan kalau biaya pembangunan Kanjuruhan memakan Rp1 Triliun dari APBN

Segera Dikerjakan, Renovasi Stadion Kanjuruhan Telan Biaya Rp1 TriliunBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sanusi menjelaskan saat ini proses renovasi Stadion Kanjuruhan susah memasuki tahapan Detail Enginering Design (DED). DED ini sendiri memakan biaya Rp8,6 miliar. Sementara keseluruhan renovasi akan menelan APBN sebesar Rp1 Triliun.

"Stadion Kanjuruhan saat ini dalam penyusunan DED, rencananya dibangun tahun ini oleh pemerintah pusat. Dan anggarannya dari APBN dengan nila anggaran Rp1 triliun," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (07/06/2023).

Pembangunan stadion berkapasitas 30 ribu sampai 38 ribu penonton ini akan ditangani langsung oleh Kementerian PUPR. Stadion ini akan meniru desain dari Stadion Manahan Solo dengan dilengkapi atap hingga kursi single seat.

2. Pemab Malang bertugas memberikan pertimbangan

Segera Dikerjakan, Renovasi Stadion Kanjuruhan Telan Biaya Rp1 TriliunPenampakan bagian dalam Stadion Kanjuruhan saat ini. (Foto: Rizal Adhi Pratama)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat menejelaskan jika peran Pemkab Malang hanyalah memberikan pertimbangan dan diberikan laporan melalui Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara lelang manajemen konstruksi sudah dilakukan juga oleh Kementerian PUPR.

Wahyu menyampaikan jika saat ini prosesnya adalah merampungkan DED yang ditargetkan selesai tahun ini. Baru kemudian akan dilakukan lelang kontruksi fisik dan kemudian pembangunan yabg ditargetkan tahun ini terlaksana.

"Penyusunan DED mungkin rampung tahun ini. Baru kemudian diadakan lelang fisiknya," tuturnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Lakukan Aksi di Gate 13 Stadion Kanjuruhan

3. Stadion Kanjuruhan akan diperluas, sehingga beberapa bangunan sekitar akan dibongkar

Segera Dikerjakan, Renovasi Stadion Kanjuruhan Telan Biaya Rp1 TriliunPara peserta Run for Justice untuk 100 hari Tragedi Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kementerian PUPR juga berencana memperluas Stadion Kanjuruhan agar bisa lebih banyak menampung penonton. Sehingga beberapa bangunan sekitar harus dirobohkan agar dipindahkan ke lokasi lain. Diantaranya seperti lokasi sepatu roda hingga lahan parkir.

"Sementara untuk UMKM nanti lokasinya tetap seperti saat ini. Kita upayakan mereka tetap bisa berjualan seperti sedia kala," jelasnya.

Sementara Pemkab Malang juga akan membangun monumen untuk mengenang Tragedi Kanjuruhan yang menelan 135 korban jiwa. Pembangunan ini akan menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Tapi mereka belum menentukan konsepnya seperti apa.

"Untuk monumen kita akan bangun sendiri, tapi masih menunggu koordinasi dari kementerian. Konsepnya kita akan berkoordinasi dengan Aremania," pungkasnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Kanjuruhan Temui Kejati, Bahas 3 Poin

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya