Comscore Tracker

Renovasi Kanjuruhan Tidak Jelas, Bupati Sebut Kemungkinan Tertunda

Menanti janji presiden renovasi Stadion Kanjuruhan

Malang, IDN Times - Janji Presiden RI, Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera merenovasi Stadion Kanjuruhan mulai 2023 tampaknya urung dijalankan. Pasalnya sampai saat ini belum ada kabar terbaru terkait rencana renovasi Stadion Kanjuruhan agar setara dengan Stadion Manahan Solo.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga tidak mengetahui kejelasan terkait kapan Stadion Kanjuruhan mulai akan direnovasi. Mereka hanya menunggu pemerintah pusat bergerak seandainya Stadion Kanjuruhan benar-benar akan dirombak.

1. Bupati Malang pastikan renovasi Stadion Kanjuruhan ditunda dan bukan dibatalkan

Renovasi Kanjuruhan Tidak Jelas, Bupati Sebut Kemungkinan TertundaBupati Malang, Muhammad Sanusi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Bupati Malang, Muhammad Sanusi saat dikonfirmasi menegaskan jika belum ada informasi jika Stadion Kanjuruhan batal direnovasi. Namun, ia memastikan kalau renovasi stadion berkapasitas 38 ribu orang ini akan tertunda. Namun, ia belum mendapatkan informasi kapan renovasi akan mulai dijalankan.

"Sampai saat ini belum ada penjelasan kalau itu gak jadi dibangun. Tapi kalau tertunda mungkin iya. Karena itu merupakan janji presiden untuk membangun Stadion Kanjuruhan," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (30/03/2023).

Sanusi mengatakan kalaupun tidak jadi direnovasi, Pemkab Malang tidak rugi apapun. Maka Kanjuruhan akan tetap dibiarkan dengan bentuknya yang sekarang.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Bikin Nilai Tawar Indonesia Anjlok di Mata FIFA

2. Jika tidak direnovasi, Stadion Kanjuruhan hanya untuk kompetisi lokal Malang

Renovasi Kanjuruhan Tidak Jelas, Bupati Sebut Kemungkinan TertundaDerby Jawa Timur antara Arema FC Vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan. (Dok Media Officer Arema FC)

Pemkab Malang sendiri realistis jika sejak Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 korban jiwa membuat Stadion Kanjuruhan diragukan kualitasnya untuk kompetisi sekelas Liga 1. Oleh karena itu, Sanusi mengatakan jika stadion yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini hanya akan dipergunakan untuk kompetisi lokal Malang saja.

"Ya nanti untuk pemain lokal saja. Karena dari PSSI dan FIFA disurvei lagi mana yang harus diperbaiki jika mau dipergunakan untuk event nasional. Tapi kalau untuk pemain lokal ya seperti itu saja," tegasnya.

Basuki Hadimuljono sebelumnya memang mengatakan kalau Stadion Kanjuruhan memang tidak layak dipergunakan. Sehingga Kementerian PUPR akan melakukan perombakan total dengan membuat blue print baru.

3. Belum ada rencana kegiatan renovasi dari Dispora Kabupaten Malang

Renovasi Kanjuruhan Tidak Jelas, Bupati Sebut Kemungkinan TertundaPenampakan bagian dalam Stadion Kanjuruhan saat ini. (Foto: Rizal Adhi Pratama)

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang, Nurcahyo mengatakan memang belum ada rencana renovasi Stadion Kanjuruhan sejauh ini dari Pemkab Malang maupun Kementerian PUPR. Stadion ini sampai detik ini masih mangkrak tidak dipergunakan untuk event apapun.

"Sampai saat ini belum ada rencana renovasi, jadi di Stadion Kanjuruhan saat ini tidak ada kegiatan apapun. Dari Pemkab Malang juga tidak ada rencana renovasi," tegasnya.

Namun ia menjelaskan sudah ada diskusi dengan Manajemen Arema FC dan Aremania bahwa Stadion Kanjuruhan akan jadi monumen untuk peringatan Tragedi Kanjuruhan pada 01 Oktober 2022. Manajemen Arema FC berjanji juga akan membantu monumen Tragedi Kanjuruhan di sekitar Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Gagal Gelar Piala Dunia, TATAK Minta PSSI Fokus Tragedi Kanjuruhan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya