Ratusan Peserta UTBK di UB Bolos pada Hari Kedua Ujian

Total ada 205 peserta UTB mangkir setelah 2 hari ujian

Malang, IDN Times - Ratusan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tidak hadir selama ujian kedua seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berbasis komputer di Universitas Brawijaya. Ujian ini dilaksanakan pada hari ini (09/05/2023).

UB mencatat jika jumlah ketidakhadiran ini meningkat jika dibandingkan ujian pertama pada Senin (08/05/2023). UTBK di UB ini rencananya memang dilaksanakan dari tanggal 8-14 Mei 2023, peserta akan dibagi dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 pada pukul 06.45 WIB sampai 10.30 WIB, dan gelombang 2 pada pukul 12.30 WIB sampai 16.15 WIB.

Masing-masing gelombang akan diikuti oleh 1.580 peserta. Mereka melaksanakan ujian di 16 lokasi berbeda di UB dengan jumlah ruangan mencapai 61 ruangan ujian.

1. Hari ini sebanyak 115 peserta mangkir dari UTBK di UB

Ratusan Peserta UTBK di UB Bolos pada Hari Kedua UjianPenampakan ruangan ujian UTBK 2023 di Universitas Brawijaya. (Humas UB)

Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) UB, Heri Prawoto Widodo menjelaskan jika hari ini sebanyak 115 peserta tidak hadir dalam UTBK yang dilaksanakan dalam 2 gelombang ini. Pada gelombang pertama ada 60 peserta absen, dan pada gelombang 2 sebanyak 55 peserta absen. Ini artinya jumlah kehadiran peserta UTBK hari ini adalah 96,52 persen pada pagi hari dan 95,89 persen pada siang hari.

UB menyebutkan jumlah peserta yang absen pada hari kedua mengalami peningkatan dibandingkan hari pertama. Yang mana pada Senin kemarin ada 43 pesertanya yang absen pada ujian pagi hari dan 47 peserta yang absen pada siang hari. Artinya pada hari pertama, ada 90 peserta UTBK yang bolos ujian.

"Kita tidak bisa mengandai-andai apa alasan mereka tidak mengikuti ujian. Kita hanya bisa menganggap mungkin ada masalah internal yang dihadapi," terang Heri saat dikonfirmasi pada Selasa (09/05/2023).

Baca Juga: Cerita Anak Berau saat UTBK di Unesa, Sempat Keliru Nama

2. Heri mengatakan ada 1 peserta yang terlambat, sehingga tidak diizinkan mengikuti ujian UTBK

Ratusan Peserta UTBK di UB Bolos pada Hari Kedua UjianIlustrasi peserta ujian mengikuti pelaksanaan UTBK seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). (ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

Hari mengungkapkan jika ada satu kejadian peserta UTBK yang terlambat. Ia datang 45 menit setelah bel masuk ruang ujian berbunyi. Peserta ini langsung mendapat sanksi tegas dari panitia pelaksana UTBK.

"Jadi skemanya pukul 06.45 WIB para peserta masuk ruangan, dan pelaksanaan ujian mulai 07.15 WIB. Jadi terlambat itu dihitung 30 menit setelah jam masuk ruangan. Terlambat satu menit saja tidak bisa masuk ruangan untuk mengikuti ujian," tegasnya.

Peserta tersebut akhirnya hanya bisa gigit jari karena ulahnya sendiri. Menurut, Hari ini juga jadi ujian kedisiplinan bagi calon mahasiswa.

3. Heri menegaskan peserta ujian harus datang 1 jam sebelum bel masuk ruang ujian

Ratusan Peserta UTBK di UB Bolos pada Hari Kedua UjianPelaksanaan UTB di Universitas Brawijaya. (Humas UB)

Ia juga mengatakan jika dalam kartu ujian para peserta sudah diminta datang 1 jam sebelum jam masuk ruang ujian. Hal ini agar persiapan peserta bisa lebih matang dan tidak tergesa-gesa sehingga mengganggu peserta lainnya.

Sehingga keterlambatan datang ke ruang kelas merupakan kesalahan individu itu sendiri. Tidak ada kata tolerir bagi peserta yang tidak disiplin.

"Sehingga kalau memang terlambat penuh dari satu jam, otomatis dianggap tidak hadir. Kita harus tegas dalam peraturan tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: 14 Ribu Peserta Jalani UTBK SNBT di Unair Mulai Hari Ini

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya