PJ Wali Kota Batu Dapat Tugas Pengentasan 3 Ribu Warga Miskin

PJ Wali Kota Batu coba kedepankan kolaborasi antar OPD

Malang, IDN Times - Penjabat Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mendapatkan tugas yang cukup berat setelah dilantik seminggu yang lalu. Ia mendapat tugas dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk mengentaskan kemiskinan di kota wisata itu. Sebab, dari 213.046 jiwa penduduk di Kota Batu, masih ada 3 ribu warga yang berada di garis kemiskinan.

"Ada sekitar 3 ribuan (keluarga miskin). Ya, pasti secara bertahap seluruh OPD kita menjadi marketing agar kemiskinan di Kota Batu berubah menjadi tidak miskin lagi," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (24/01/2023).

Aries akan menjadi Penjabat Wali Kota Batu selama setahun sampai 2024. Waktu tersebut akan ia manfaatkan untuk mengerahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Batu untuk ikut mengentaskan kemiskinan.

"Jadi tidak hanya tugas dinas sosial, tapi dinas-dinas yang lain juga. Semua OPD akan menjadi pionir-pionir kita untuk pengentasan kemiskinan," tegasnya.

1. Melakukan pemetaan di Kota Batu

PJ Wali Kota Batu Dapat Tugas Pengentasan 3 Ribu Warga MiskinKomedi putar di Alun-alun Kota Batu. (unsplash/Imanuel Reza Setyo)

Untuk memulai langkah awalnya di kota apel ini, Aries akan melakukan pemetaan. Ia akan melakukan pendekatan dengan berbagai pihak agar program-programnya bisa diterima, termasuk program pengentasan kemiskinan.

"Di awal 2023 ini kita akan melakukan pemetaan yang masif di Kota Batu. Kita butuh support baik dari tokoh masyarakat sampai tokoh agama supaya Kota Batu segera maju. Terutama sektor pariwisata yang jadi andalan," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan akan melakukan kolaborasi dengan DPRD Kota Batu. "Karena kemarin saya ingin melakukan pertemuan dengan DPRD ternyata mereka sendang melakukan perjalanan dinas," bebernya.

Baca Juga: Kisah Menarik di Balik 5 Tempat Bersejarah Kota Batu, Sudah Tahu?

2. Proyek strategis nasional

PJ Wali Kota Batu Dapat Tugas Pengentasan 3 Ribu Warga MiskinIlustrasi pedestarian di Kota Batu. (unsplash/shod ed)

Aries juga mendapatkan instruksi untuk mencurahkan perhatian pada proyek strategis nasional. Menurutnya progres poyek ini sudah mencapai 60 sampai 70 persen.

"Kita akan terus genjot yang insyaallah pada bulan Maret 2023 sudah bisa diresmikan. Ibu gubernur memberi instruksi agar seluruh proyek strategis nasional dan potensi wisata yang menjadi andalan Kota Batu agar ditingkatkan dan diprioritaskan pada 2023. Karena masa jabatan saya sesuai amanat keputusan menteri adalah satu tahun," jelasnya.

Proyek ini akan berfokus pada pengembangan potensi unggulan di Kota Batu. Secara khusus objek-objek wisata di kota ini.

3. Wilayah-wilayah prioritas

PJ Wali Kota Batu Dapat Tugas Pengentasan 3 Ribu Warga MiskinPenampakan objek wisata Paralayang, Kota Batu. (unsplash/Kukuh Napati)

Secara khusus, pria berkacamata ini mengatakan tidak ada wilayah unggulan di Kota Batu. Menurutnya setiap kecamatan di Kota Batu memilih keunggulan yang berbeda satu sama lain.

"Kita tidak melihat per wilayah, karena seluruh wilayah Kota Batu adalah potensi kita. Kalau per wilayah tertentu artinya kita akan mendikotomikan wilayah tertentu," paparnya.

Pemkot Batu akan memberikan pendampingan di setiap kecamatan untuk menemukan keunggulannya apa, mereka nanti akan dibantu melakukan pengembangan. 

"Jadi tiga kecamatan itu menjadi unggulan kita semua. Tidak ada satu wilayah yang ditonjolkan," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Penginapan Bergaya Vintage di Kota Batu, Asyik Bikin Nostalgia!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya