Kebakaran Kembali Melanda Gunung Bromo

Terjadi kebakaran padahal Bromo masih ditutup

Pasuruan, IDN Times - Gunung Bromo kembali mengalami kebakaran, kali ini terjadi di kawasan Gunung Bathok yang ada di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Kebakaran ini menjadi viral setelah diposting oleh akun Instagram @malangraya_info dengan ditonton sebanyak 152 ribu kali, mendapatkan 5.272 like, 137 komentar, dan 738 kali dibagikan.

Terlihat api terlihat membakar vegetasi di Gunung Bathok pada pagi hari. Terlihat juga banyak kendaraan jeep, pikap, hingga truk mencoba menjauh dari titik api.

1. Api di Gunung Bathok sempat muncul dan dipadamkan pada dini hari, tapi kemudian muncul lagi

Kebakaran Kembali Melanda Gunung BromoKebakaran di kawasan Gunung Bromo tepatnya di Gunung Bathok. (IDN Times/istimewa)

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Septi Eka Wardani mengungkapkan jika kebakaran di Gunung Bathok pertama kali muncul pukul 03.30 WIB dan berhasil padam pukul 05.00 WIB oleh personel dari Resort TLP, RGP, MPA, dan MMP. Kemudian dilakukan pendinginan kurang lebih sampai pukul 07.00 WIB. Tapi api kembali muncul di titik yang sama pukul sekitar jam 08.00 WIB dan 15 menit kemudian berhasil dipadamkan.

"Tapi pukul 10.30 WIB api kembali muncul di lereng yang berbeda dari lokasi yang sebelumnya susah padam. Api merembet ke arah kiri menuju Gunung Bromo dan ke kanan atau barat laut. Api ke kanan lebih besar karena angin yang sangat kencang," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga: Fenomena Embun Es Kembali Selimuti Gunung Bromo

2. Petugas masih berusaha melakukan pemadaman

Kebakaran Kembali Melanda Gunung BromoKebakaran di kawasan Gunung Bromo tepatnya di Gunung Bathok. (IDN Times/istimewa)

Septi menyampaikan jika saat ini api masih dalam proses pemadaman, terutama di bagian puncak. Tim gabungan dari Brigdalkarhut TNBTS dibantu MPA dan TNI/Polri masih berusaha memadamkan api.

"Sebagian tim menuju perbatasan antara Gununh Batok dan Gunung Widodaren untuk membuat sekat bakar agar api tidak menyebar ke Gunung Widodaren. Sedangkan ke arah Gunung Bromo vegetasinya semakin berkurang dan api akan berhenti di Gunung Bromo yang tidak bervegetasi," jelasnya.

3. BB TNBTS berharap angin tidak terlalu kencang sehingga api tidak cepat menyebar

Kebakaran Kembali Melanda Gunung BromoKebakaran di kawasan Gunung Bromo tepatnya di Gunung Bathok. (IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut, Septi berharap angin tidak terlalu kencang hari ini. Sehingga api bisa cepat dijinakkan oleh petugas dari tim gabungan.

"Mohon doa dan dukungan kepada petugas yang sedang melakukan pengendalian dan pemadaman supaya dapat segera dipadamkan," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran Savana Gunung Bromo Berhasil Dipadamkan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya