Akun yang Viralkan Kasatlantas Polres Malang Baru Dibikin

Ia menilai AKP Agnis tak suka pamer kemewahan

Malang, IDN Times - Nama Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung jadi viral setelah akun Tiktok @pejabatcurang membagi video yang berisikan foto-foto Agnis yang diduga menenteng barang-barang branded dan mewah mulai dari tas, kacamata, sepatu, hingga sepeda. Hal ini membuat Agnis kini harus diperiksa oleh Bidpropam Polda Jawa Timur.

Akun TikTok @pejabatcurang kini juga jadi perhatian siapa orang di balik akun tersebut. Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan kalau akun tersebut masih baru. Bahkan, unggahan di akun tersebut hany berisi video tentang AKP Agnis.

1. Soal tuntutan hukum, Kapolres serahkan sepenuhnya pada AKP Agnis

Akun yang Viralkan Kasatlantas Polres Malang Baru DibikinVideo Tiktok yang membongkar gaya hidup mewah AKP Agnis. (Tiktok/@pejabatcurang)

Putu mengaku belum memiliki rencana terhadap akun Tiktok @pejabatcurang. Menurutnya, AKP Agnis sendiri yang memiliki hak, apakah akan melakukan langkah hukum atau tidak.

"Saat ini yang bersangkutan tengah fokus untuk klarifikasi dan menjelaskan bahwa tidak sepenuhnya di video tersebut adalah benar. Karena narasi yang diberitakan tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (27/03/2023). Kini perempuan 30 tahun ini harus membuktikan bahwa yang digambarkan di video tersebut tidak benar kepada Bidpropam Polda Jawa Timur.

"Kalau kami lihat penelusuran di hari Jumat itu bahwa akunnya baru, dan baru video itu yang diposting. Jadi kami lebih banyak mempelajari video yang dibuat itu motifnya apa," beber Kholis.

Baca Juga: Istri Tak Sengaja Disentuh, Kasatlantas di Madiun Polisikan Jurnalis

2. Kholis sebut AKP Agnis tak pernah pamer kemewahan

Akun yang Viralkan Kasatlantas Polres Malang Baru DibikinKasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung (tengah). (IDN Times/Humas Polres Malang)

Kholis menceritakan jika selama 5 bulan menjabat sebagai Kapolres Malang, ia melihat sosok AKP Agnis sebagai sosok yang biasa saja dan tidak menonjolkan kemewahan. "Saya lihat tidak ada yang menonjol atau biasa-biasa saja baik kegiatan dinas maupun pribadinya. Tidak ada yang menyimpan dari peraturan sepenglihatan saya," ucapnya.

Ia juga melihat perilaku dan sifat Agnis memperlihatkan kinerja yang relatif baik. Namun, ia mengatakan memang di Polres Malang akhir-akhir ini jarang melakukan acara kedinasan juga, sehingga tidak tahu detail kepribadian Agnis.

"Kebetulan yang bersangkutan mengikuti setiap langkah penanganan Tragedi Kanjuruhan, proses recovery, sampai pemulihan saat ini," tuturnya.

Kemudian ketika disinggung apakah gaji Agnis yang berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) seperti yang ditulis oleh akun Tiktok @pejabatcurang yaitu Rp2.909.100 sampai Rp4.780.600. kholis memilih bungkam. Ia hanya mengatakan masalah tersebut akan masuk dalam verifikasi di Bidpropam Polda Jawa Timur. 

"Saat ini kan masih berjalan, sehingga hasilnya kita belum tahu. Tapi yang jelas AKP Agnis sudah melengkapi bukti-bukti kepada saya. Ada bukti pembanding tentang benda-benda yang masuk dalam video tersebut," jelasnya.

Yang pasti, pria asal Yogyakarta ini mengatakan jika Agnis mengaku memang pernah mengunggah foto-foto tersebut di Instagram pribadi Agnis yaitu @agnisjm. Tapi kemudian dihapus sekitar tahun 2022. Tapi setelah beberapa bulan, ternyata foto tersebut muncul kembali di media sosial.

3. Kapolres Malang meminta anggota Polres Malang agar tidak memamerkan hidup mewah

Akun yang Viralkan Kasatlantas Polres Malang Baru DibikinKapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dalam kesempatan tersebut, Kholis meminta kepada anggotanya agar tidak memamerkan hidup mewah. Telegram dari Mabes Polri dan Polda Jawa Timur juga ia teruskan sampai ke jajaran polsek-polsek. Bahkan, Polres Malang membuat aturan-aturan sendiri yang merupakan turunan dari Telegram Mabes Polri dan Polda Jawa Timur.

"Kemudian ada tambahan kalau ada foto yang sudah dihapus sejak tahun lalu. Namun juga muncul dalam video tersebut. Hal tersebut sudah dijelaskan oleh AKP Agnis ke Propam Polres dan Propam Polda Jawa Timur," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Kasatlantas Polres Malang Bergaya Hedon, Dipanggil Polda Jatim

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya