Asik Merawat Tebu, Buruh Tani di Malang Temukan Tengkorak Manusia

Kerangka manusia yang ditemukan masih misterius

Malang, IDN Times - Seorang buruh tani di Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang tidak pernah menyangka akan menemukan sesosok kerangka manusia tanpa busana di lahan tebu tempatnya bekerja. Saat itu, ia tengah mencabuti daun-daun kering pada tebu milik majikannya.

"Awalnya jam setengah 12 siang ada ibu-ibu yang kerja merawat tanaman tebu ini tiba-tiba menemukan tengkorak, terus dia lari mencari pertolongan. Saat itu saya sedang membuat gorong-gorong, dia terus ketemu saja dan minta dilihat benar tidak ada tengkorak," terang saksi mata, Slamet Mulyadi (39) warga Jalan Yos Sudarso, Dusun Sanggrahan, Desa Mangunrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang saat dikonfirmasi pada Kamis (05/01/2022).

Saat membuktikan sendiri keterangan perempuan itu, ternyata benar ada kerangka manusia. Ia lalu melaporkan penemuan ini ke Kantor Kelurahan Sukoraharjo. "Kondisi mayatnya tidur telentang, kakinya rapat menutup. Tapi tanpa memakai sehelai pakaian satupun. Kondisinya juga kerangka saja, tidak ada kulit sama sekali," jelasnya. "Posisi mayatnya tidak terkubur, ya hanya sedikit tertutupi daun-daun kering tebu. Orang-orang gak ada yang berani mendekat ke situ," sambungnya.

1.

Asik Merawat Tebu, Buruh Tani di Malang Temukan Tengkorak ManusiaSujianto selaku Kepala Desa Sukoraharjo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Desa Sukoraharjo, Sujianto menceritakan kalau hari ini sebelum Dzuhur memang ada yang melapor ada penemuan kerangka manusia. Penemuan ini langsung menghebohkan warga sekitar.

"Penemunya di kebun tebu lahan milik Pak Tambar. Kemudian kami menghubungi Muspika Kepanjen dan dibantu Tagana meluncur ke sini. Kemudian indentifikasi dari INAFIS," bebernya. Saat ini, lokasi sudah dipasangi police line. Sementara kerangka tersebut dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang.

Baca Juga: Gegara Jadi Cepu, Santri di Malang Dihajar hingga Patah Tulang

2. Lahan tersebut sebenarnya sering dikunjungi orang

Asik Merawat Tebu, Buruh Tani di Malang Temukan Tengkorak ManusiaKondisi TKP penemuan mayat di ladang tebu Desa Sukoraharjo. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lahan yang menjadi TKP penemu kerangka tersebut sebenarnya sering dikunjungi orang. Namun, tidak pernah ada yang pernah menjumpai mayat manusia sebelumnya.  Warga juga disebut sudah biasa menghirup bau tidak sedap, karena sudah lumrah dikira bangkai tikus atau hewan lainnya. Tapi tidak pernah ada yang menyangka ternyata bau tersebut adalah dari mayat manusia.

"Seperti orang yang mencari rumput di sini itu sering. Tapi tidak sampai menemukan itu (kerangka). Waktu penemuan juga langsung kelihatan saja. Kelihatan langsung tulang tanpa busana," jelas Sujianto.

3. Belum ada laporan orang hilang

Asik Merawat Tebu, Buruh Tani di Malang Temukan Tengkorak ManusiaSaksi mata, Slamet Mulyadi. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Sujianto juga memastikan belum ada laporan orang hilang dari warganya. Ia juga belum mendapatkan keterangan dari tim INAFIS terkait jenis kelamin sampai usia mayat tersebut.

"Sampai saat ini belum ada berita orang hilang di sini. Penemuan mayat ini bisa disebut bencana ya gak bencana, tiba-tiba penemuan mayat begitu saja," pungkasnya.

Baca Juga: Tulungagung Dapat Hibah Replika Tengkorak Fosil Homo Wajakensis 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya