Alasan UB Datangkan DJ saat Ospek, Agar Relate dengan Maba

Rektorat UB menyebut ada juga penampilan musik dan tari tradisional

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya (UB) kembali menjadi sorotan, ini usai video viral yang nenunjukkan penampilan Disk Jockey (DJ) saat Ospek Mahasiswa Baru (Maba) atau Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK). Banyak warganet yang mencibir kalau kegiatan tersebut adalah pengenalan dunia malam pada Maba.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hotel Dekat Universitas Brawijaya Malang

1. Rektorat UB mengatakan jika musik DJ ditampilkan agar relate dengan Maba

Alasan UB Datangkan DJ saat Ospek, Agar Relate dengan MabaPenampilan DJ Frans di Ospek UB. (TikTok/@farhanikhsan05)

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas UB, Tri Wahyudi Basuki mengatakan jika musik DJ yang ditampilkan saat Ospek UB agar relevan dengan Maba yang merupakan Gen Alpha. Sehingga mereka mengundang DJ Frans yang belakangan digandrungi oleh anak-anak muda.

Kegiatan bertajuk Open House Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UB ini juga dibuat dengan beberapa hiburan agar bisa dinikmati para mahasiswa. Kegiatan ini juga disiarkan langsung di channel YouTube resmi Universitas Brawijaya. 

"Jadi hiburan itu memang tujuannya adalah untuk memberikan suasana baru kepada teman-teman. Tujuannya agar tidak jenuh dalam menikmati atau melihat UKM yang ada di Universitas Brawijaya. Itu (DJ) pertunjukan terakhir," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (2/9/2024).

2. Rektorat UB tidak setuju jika musik DJ dikonotasikan musik hiburan malam

Alasan UB Datangkan DJ saat Ospek, Agar Relate dengan MabaPenampilan DJ Frans di Ospek UB. (TikTok/@farhanikhsan05)

Tri juga menyampaikan jika ia tidak setuju jika musik remix yang dibuat oleh DJ dikonotasikan sebagai musik hiburan malam. Menurutnya, banyak musik remix yang dipakai sebagai pengiring senam dan karnaval.

"Kalau dikatakan itu dugem mungkin saya tidak setuju, karena itu hanya bentuk atau model musik saja, hanya saja mungkin mirip-mirip dengan dugem. Tapi bukan karena itu, tujuannya adalah untuk hiburan saja tanpa ada maksud apa-apa," jelasnya.

Ia juga menolak tudingan warganet yang menyebut jika kegiatan ini adalah pengenalan dunia malam pada Maba UB. Menurutnya ini murni hiburan untuk para mahasiswa.

3. Rektorat UB menyebut ada juga penampilan musik dan tari tradisional

Alasan UB Datangkan DJ saat Ospek, Agar Relate dengan MabaIlustrasi Ospek UB. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Tri mengatakan jika mereka tidak hanya menampilkan DJ Frans dalam acara PKK UB. Mereka juga menampilkan tari tradisional, marching band, hingga paduan suara UKM UB.

"Kami sebenarnya juga menampilkan hiburan musik dan tradisional. Hanya beberapa tampilan saja yang menggunakan musik dan musik genre remix," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Penampilan DJ di Ospek UB, Rektorat Ngaku Kaget jadi Viral

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya