Comscore Tracker

Upgrade Seluruh Jet Tempur F-16 Ditargetkan Rampung pada 2024

Satu di antaranya sudah diuji terbang

Magetan,IDN Times – Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna memastikan bahwa proses upgrade pesawat tempur F-16 ditargetkan rampung pada 2024 mendatang. Ini sesuai perencanaan jangka pendek dan panjang di tubuh TNI Angkatan Udara.

“Harapannya, seluruh F-16 setara dengan yang dimiliki negara lain,” kata dia usai menyaksikan uji terbang satu pesawat F-16 A/B Block 12 yang di Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Selasa (18/2).

1. Proyek EMLU-Falcon STAR berlangsung sejak 2017

Upgrade Seluruh Jet Tempur F-16 Ditargetkan Rampung pada 2024Pesawat F-16 A/B Block 15 yang rampung di-upgrade di Lanud Iswahjudi, Magetan. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Saat ini, pesawat F-16 yang dimiliki Indonesia masih perlu ditingkatkan kemampuannya. Oleh karena itu, proyek Enhanced Mid-Life Update (EMLU)–The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon STAR) dijalankan sejak September 2017.

Sebanyak empat jet tempur F-16 A/B yang sudah berumur 30 tahun masuk ke hanggar Skadron Teknin 042 Lanud Iswahjudi untuk di-upgrade. Satu di antaranya telah rampung diperbaharui dan diuji terbang.

2. Empat penerbang akan disekolahkan ke Amerika Serikat

Upgrade Seluruh Jet Tempur F-16 Ditargetkan Rampung pada 2024Satu pesawat F-16 A/B Block 15 yang diperbarui dalam proyek EMLU – Falcon STAR menjalani first flight dari landasan pacu Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Selasa (18/2). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Yuyu menuturkan, sebanyak empat pilot segera diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk meningkatkan kemampuan mengoperasionalkan jet tempur setelah di-upgrade. Setelah masa pendidikan cukup, penerbang itu akan kembali ke Indonesia.

“Kembali ke sini akan menerbangkan pesawat yang tadi (diuji terbang),” tuturnya.

Baca Juga: Mengintip Peremajaan F-16, Si Elang Besi Penghuni Lanud Iswahjudi

3. Sebanyak 33 Jet F-16 yang perlu di-upgrade

Upgrade Seluruh Jet Tempur F-16 Ditargetkan Rampung pada 2024Satu dari empat pesawat F-16 A/B Block 15 yang diperbarui dalam proyek EMLU – Falcon STAR henda menjalai test flight dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Selasa (18/2). IDN Times/Nofika DIan Nugroho

Upaya itu sebagai persiapan melakukan uji terbang sendiri pascaproses pembaruan pesawat F-16 rampung dijalankan para teknisi TNI AU. 

Dalam proyek itu, ada 10 pesawat F-16 A/B yang bakal diperbaharui. Jet sebanyak itu dibeli melalui program ‘Peace Bima Sena’ pada tahun 1989. Selain itu, 23 jet tempur F-16 C/D juga akan di-upgrade. Jadi, total ada 33 F-16 milik Indonesia yang teknologi dan kemampuannya diremajakan dengan kebutuhan terkini.

Baca Juga: Sudah Di-Upgrade, Satu F-16 A/B Jalani Test Flight di Lanud Iswahjudi

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya