Tangkal COVID-19, Polres Madiun Kota Terjunkan Motor Tangguh

Dikerahkan di lima wilayah kecamatan

Madiun, IDN Times - Polres Madiun Kota mulai mengoperasikan tujuh unit motor tangguh untuk meningkatkan kedisiplinan warga dalam menjalankan protokol kesehatan saat pandemik COVID-19. Kendaraan dinas itu dimodifikasi dengan penambahan boks pada bagian jok belakang.

Boks berwarna cerah itu bertuliskan imbauan tentang protokol kesehatan. Selain itu, menyediakan air kemasan,  sabun, semprotan disinfektan, dan hand sanitizer. “Motor Tangguh Semeru ini akan masuk gang-gang yang tidak bisa dijangkau mobil untuk mengampanyekan protokol kesehatan,” kata Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Aria Prakasa, Rabu (1/7).

1. Satu unit motor beroperasi di satu kecamatan

Tangkal COVID-19, Polres Madiun Kota Terjunkan Motor TangguhLaunching Motor Tangguh Semeru di halaman Mapolres Madiun Kota, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Titik yang disasar petugas dengan motor itu berada di wilayah hukum Polres Madiun. Lima di antaranya di jajaran polsek, yaitu Taman, Kartoharjo, Manguharjo, Jiwan, dan Sawahan. Sedangkan dua unit motor lainnya untuk personel di Satuan Lalu Lintas dan Satuan Sabhara.

“Seluruh Kota Madiun ini harus tangguh termasuk Polres Madiun Kota. Satu kecamatan diwakili satu motor tangguh,” ujar Bobby.

2. Forkopimda bagikan APD

Tangkal COVID-19, Polres Madiun Kota Terjunkan Motor TangguhKapolres Madiun AKBP R.Bobby Aria Prakasa memberikan APD kepada petugas yang mengoperasionalkan motor tangguh Semeru, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Motor Tangguh Semeru itu merupakan program dari Polda Jawa Timur. Di Kota Madiun, launching-nya dilaksanakan oleh Wali Kota Madiun, Maidi di halaman Markas Polres Madiun Kota yang berbarengan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

Dalam kesempatan itu, jajaran Forkopimda juga memberikan alat pelindung diri (APD) kepada personel kepolisian yang bertugas mengoperasionalkan motor tangguh. APD itu nantinya dibagikan kepada warga saat mengajak warga senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Jelang New Normal, Lokasi Wisata Madiun Bersiap Dibuka Kembali 

3. Sosialiasi protokol kesehatan jangkau gang-gang

Tangkal COVID-19, Polres Madiun Kota Terjunkan Motor TangguhWali Kota Madiun, Maidi (dua dari kiri) saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, Rabu (1/7). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan apresiasinya kepada Polri dalam membantu pemerintah menangani COVID-19. Salah satunya dengan dioperasionalkannya motor tangguh. Ia mengimbau agar warga meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan motor tangguh Semeru ini akan mensosialisasikan dan mendekat kepada masyarakat bahwa pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan harus benar-benar diterapkan,” jelas Maidi.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Madiun Siap Terapkan Protokol Kesehatan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya