Saksi Kunci Pembunuhan Ojol di Madiun Diperiksa Kejiwaannya

Upaya lanjutan paaca penangkapan di Surabaya

Madiun, IDN Times - Satreskrim Polres Madiun akhirnya mengamankan Mira Happy (30), saksi kunci yang mengetahui kematian tukang ojek daring, Darwin Susanto (35). Mira yang merupakan istri Darwin diamankan di daerah Rungkut, Surabaya pada Senin (12/8) malam. Saat itu, dia sedang menunggu angkutan umum dan hendak pergi ke Gresik.

Jenazah Darwin sebelumnya ditemukan dalam kondisi bersimbah darah di ruko Jalan Panglima Sudirman, Caruban yang disewa sejak dua bulan terakhir. Jasadnya ditemukan Minggu (11/8) petang. 

1. Diperiksakan di RS dr Soeroto, Ngawi

Saksi Kunci Pembunuhan Ojol di Madiun Diperiksa KejiwaannyaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Setelah diamankan, Mira kemudian dibawa ke Ngawi. "Saat ini, istri korban sedang diperiksakan kejiwaannya di RS dr Soeroto, Ngawi. Statusnya sebagai saksi," kata Kasat Reskrim Polres Madiun AKP Logos Bintoro, Rabu (14/8).

2. Saksi kunci dinilai tidak teratur minum obat

Saksi Kunci Pembunuhan Ojol di Madiun Diperiksa KejiwaannyaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Berdasarkan keterangan keluarga korban, ia melanjutkan, Mira diketahui mengalami gangguan jiwa sejak beberapa tahun terakhir. Perempuan itu dinyatakan masih menjalani rawat jalan di rumah sakit Ngawi yang sebelumnya juga ditangani dokter spesialis kejiwaan RSJ Rejoso, Nganjuk. 

Akibat penyakit yang diderita, Mira memiliki kebiasaan bepergian ke luar kota dengan menumpang bus tanpa teman dari rumah. Sejumlah daerah dikunjungi, seperti Surabaya, Malang, Gresik, dan Solo. Bahkan, beberapa waktu terakhir sikapnya kian aneh, seperti sering marah tanpa sebab. Diduga, hal itu terjadi karena tidak teratur minum obat dari dokter spesialis jiwa. 

3. Keluarga korban membenarkan penyakit jiwa yang diderita Mira

Saksi Kunci Pembunuhan Ojol di Madiun Diperiksa KejiwaannyaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Kondisi kejiwaan Mira yang tak stabil dibenarkan oleh Parmin, ayah kandung Darwin. Goncangan psikologis dialami Mira sekitar enam tahun terakhir. Karena itu, Darwin yang saat itu merantau bersama istrinya di Kalimantan memutuskan pulang ke Caruban. "Niatnya mengobatkan istrinya baik secara alternatif maupun medis," ujar Parmin. 

Kepulangan Darwin dan Mira bukan berarti mereka kembali kumpul dengan keluarga besar. Pasangan suami-istri itu membeli dan menempati rumah di wilayah Desa Kaligunting, Kecamatan Mejayan dari sebagian uang tabungannya.

4. Sewa ruko karena menuruti keinginan Mira

Saksi Kunci Pembunuhan Ojol di Madiun Diperiksa KejiwaannyaIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Adapun Darwin bekerja serabutan. Salah satunya sebagai tukang ojek online sejak beberapa bulan terakhir. Pada Juni lalu, mereka mengontrak ruko di wilayah Kelurahan Pandean, Kecamatan Mejayan. "Menuruti keinginan istrinya karena ingin mencari kegiatan dengan berjualan pakaian," ujar Parmin. 

Baca Juga: Istri Pria yang Tewas Bersimbah Darah di Madiun Akhirnya Ditangkap 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya