Comscore Tracker

RSUD dr. Soedono Madiun Rawat Tiga Pasien Positif Corona

Dua di antaranya merupakan pasangan suami-istri

Madiun, IDN Times – RSUD dr Soedono, Kota Madiun merawat tiga pasien positif Covid-19. Kepala Bidang Pelayanan Medik rumah sakit setempat dr. Sjaiful Anwar mengatakan bahwa kondisi mereka baik. “Alhamdulillah, kondisi tiga pasien yang positif (Corona) baik-baik saja,” kata dia saat dihubungi IDN Times, Senin siang (23/3).

Satu pasien, di antaranya, merupakan istri dari pasien positif corona yang meninggal di RSUD Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/3). Jenazah sang suami telah dimakamkan di kampung halamannya, yakni Magetan. Adapun istri almarhum mulai dirawat di ruang isolasi RSUD dr.Soedono pada Jumat (13/3) setelah dirujuk dari RSUD dr.Sayidiman, Magetan.

1. Riwayatnya sama-sama pernah mengikuti seminar di Bogor

RSUD dr. Soedono Madiun Rawat Tiga Pasien Positif Corona(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Adapun dua pasien positif lain yang mulai dirawat di RSUD dr.Soedono pada Sabtu (21/3) malam, merupakan pasangan suami-istri. Warga Magetan ini mempunyai riwayat perjalanan dan kegiatan yang sama dengan perempuan yang juga dirawat di RSUD dr.Soedono. Demikian halnya dengan almarhum suaminya.

Keempat orang itu merupakan sebagian dari peserta seminar di Bogor waktu lalu. Saat berada di salah satu di kabupaten wilayah Jawa barat itu mereka diduga tertular virus Corona. “Untuk (kondisi pasien) pasangan suami istri baik, nggak ada keluhan,” ujar Sjaiful

2. Dua anak termasuk pasien dalam pengawasan di RSUD dr.Soedono

RSUD dr. Soedono Madiun Rawat Tiga Pasien Positif CoronaIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengungkapkan, tiga orang positif corona itu merupakan bagian dari 18 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedono. Adapun 15 pasien lainnya termasuk dua anak-anak belum diketahui hasil uji spesimennya di Laboratorium Balitbangkes Kemenkes. “Masih belum keluar,” ujar dia.

Ditanya tentang kondisi dari 15 pasien yang dirawat, ia menyatakan bahwa suhu tubuh sebagian di antara mereka masih tinggi.  

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

3. Tetap dirawat di ruang isolasi hingga dinyatakan negatif Corona

RSUD dr. Soedono Madiun Rawat Tiga Pasien Positif CoronaRuang isolasi disiapkan untuk mengantisipasi masuknya pasien terduga corona di RSUD dr Soedono Madiun, Februari 2020. (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Direktur RSUD dr.Soedono dr.Bangun Trapsila Purwaka mengatakan bahwa pasien yang positif Corona tetap menjalani perawatan di ruang isolasi. Spesimen yang bersangkutan terus diuji di Laboratorium Balitbangkes hingga hasilnya dinyatakan negatif Covid-19.

“Tidak bisa dipastikan sampai berapa kali harus diuji (di Laboratorium Balitbangkes). Yang jelas, kondisi (pasien positif Corona) hingga saat ini baik,” ia menuturkan.

Baca Juga: Siapkan Ruang Isolasi COVID-19, Khofifah Tinjau RSUD Dolopo Madiun

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya