Rel Kereta di Pasuruan Banjir, Calon Penumpang di Madiun BatalkanTiket

Imbasnya sampai ke mana-mana

Madiun, IDN Times - Banjir yang terjadi di jalur kereta api wilayah PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember dan Daop 8 Surabaya berdampak hingga ke wilayah Daop 7 Madiun. Berdasarkan pemantauan hingga pukul 15.00, Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa sedikitnya 11 perjalanan kereta yang melintasi wilayah kerjanya mengalami keterlambatan.

Kereta itu di antaranya, Ranggajati relasi Jember - Cirebon, Logawa relasi Jember - Purwokerto, Sri Tanjung relasi Banyuwangi - Lempuyangan (Yogyakarta). Selain itu, Kereta Ranggajati relasi Stasiun Gubeng - Cirebon, Sri Tanjung - Stasiun Gubeng - Lempuyangan. Keterlambatan itu mengakibatkan pembatalan pembelian tiket oleh sebagian calon penumpang.

"Membatalkan pasti ada, tapi saya belum ada datanya. Sudah mulai pagi tadi yang membatalkan sudah ada termasuk berganti kereta," kata Ixfan Hendriwintoko, Senin (29/4).

Baca Juga: Rel Terendam Banjir, Kereta Jalur Banyuwangi-Surabaya Gagal Beroperasi

1. PT KAI ganti uang pembatalan tiket

Rel Kereta di Pasuruan Banjir, Calon Penumpang di Madiun BatalkanTiketIDN Times/Nofika Dian

Setiap pembatalan pembelian tiket akibat keterlambatan kereta lebih dari 60 menit, menurut dia, pihak PT KAI akan mengembalikan uang sebanyak 100 persen. Langkah ini dapat dilakukan dengan menghubungi contact center 121, melalui akun resmi sosial media KAI 121, atau datang langsung ke stasiun terdekat.

Dari sebelas perjalanan kereta, Ixfan, menuturkan mayoritas mengalami keterlambatan lebih dari 60 menit. Karena itu, pembatalan telah dilakukan oleh sejumlah calon penumpang akibat banjir yang menggenangi jalur kereta di wilayah Daop 9 dan Daop 8.
“Kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan kami yang disebabkan adanya gangguan banjir di daerah Pasuruan" ujar dia.

2. Penanganan dampak banjir diperkirakan lebih dari 12 jam

Rel Kereta di Pasuruan Banjir, Calon Penumpang di Madiun BatalkanTiketIlustrasi banjir (Pixabay)

Banjir menggenangi jalur kereta api itu berada di antara Stasiun Pasuruan - Rejoso KM 65+2/3 wilayah Daop 9 Jember. Juga, antara Stasiun Bangil - Pasuruan di KM 58+2/3 wilayah Daop 8 Surabaya. Banjir yang menggenangi dengan ketinggian air 15 sentimeter di rel kereta itu terjadi pada Minggu malam (28/4) sekitar pukul 23.15 WIB.

"Itu informasi yang kami terima dari pusat pengendali (PT KAI). Untuk penanganannya kurang lebih memerlukan waktu 12 jam mulai pukul 04.30" ujar Ixfan.

3. Jalur tergenang banjir dipasangi semboyan 3

Rel Kereta di Pasuruan Banjir, Calon Penumpang di Madiun BatalkanTiketIDN Times/Nofika Dian

Menurut Ixfan, pada jalur antara Stasiun Bangil dan Stasiun Pasuruan yang terputus telah dipasang semboyan 3 (tanda jalur stop tidak bisa dilewati) . Lagi - lagi, ia menuturkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang diberikan. 

"Apabila para penumpang ingin mengetahui posisi KA-nya yang terdampak banjir dapat menghubungi kami," ujar dia. 

Baca Juga: Banjir Pasuruan Genangi Rel, Ini Kereta yang Terganggu Perjalanannya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya