Purna Tugas, Alusista TNI AL Ini Jadi Monumen di Kabupaten Madiun 

Pesawat Nomad N24 dan Tank Amfibi

Madiun, IDN Times - TNI Angkatan Laut menghibahkan alutsista yang sudah purnatugas kepada Pemkab Madiun untuk dijadikan monumen. Alutsista itu adalah pesawat udara Nomad N24, Tank Amfibi PT-26.

Monumen alutsista itu dibangun di Taman Kota Caruban Asti dan exit tol Dumpil, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun. "Untuk alat edukasi bagi generasi muda," kata Danlantamal V TNI AL Surabaya Laksamana Pertama Yoos Suryono Hadi, saat meninjau pembangunan monumen di Taman Kota Caruban Asti, Kamis (23/12/2021).

1. Sama - sama pernah terlibat dalam operasi militer

Purna Tugas, Alusista TNI AL Ini Jadi Monumen di Kabupaten Madiun Pesawat udara milik TNI AL yang sudah purnatugas dijadikan monumen di Taman Kota Caruban Asti, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, alutsista itu layak dikenang lantatan semasa di ioperasionalkan turut menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Untuk pesawat Nomad N24 dan Tank Amfibi PT-26 pernah digunakan dalam operasi di Irian Barat. 

"Pesawat itu (dulunya) digunakan untuk operasi maritim karena 2 per 3 wilayahnya (Indonesia) berupa lautan," Yoos menjelaskan. 

Sedangkan Tank Amfibi PT-26 pernah digunakan dalam oleh marinir untuk membebaskan Irian Barat. "Ini tank legendaris," ucap Yoos.

2. Ini spesifikasi dan keterlibatannya dalam operasi militer

Purna Tugas, Alusista TNI AL Ini Jadi Monumen di Kabupaten Madiun Pesawat udara 2. Ini spesifikasi TNI AL yang sudah purnatugas dijadikan monumen di Taman Kota Caruban Asti, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Pesawat udara Nomad N24 merupakan buatan GAF (Goverment Aircraft Factories) dari Australia. Alustsista ini memiliki kemampuan terbang rendah 12 meter dari permukaan. Pesawat ini dirancang untuk bisa melakukan STOal (Short Take Off Landing).

Sedangkan Tank Amfibi PT-26 yang merupakan buatan Rusia pernah dilibatkan dalam operasi militer Dwikora (1964-1965) di perbatasan Indonesia - Malaysia. Selain itu Operasi Seroja (1975 - 1979) di Timor Timur.

Baca Juga: Satu Pengunjung Tewas, Wisata di Madiun Ini Tingkatkan Keamanan

3. Didirikan di taman kota dan exit tol

Purna Tugas, Alusista TNI AL Ini Jadi Monumen di Kabupaten Madiun Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Madiun beberapa waktu lalu. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Karena sepak terjang alutsista itu, maka Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto menyatakan monumen pesawat udara Nomad N24 dan Tank Amfibi PT-26 akan menambah destinasi wisata edukasi di wilayah setempat. Ini setelah pesawat tempur F-5 Tiger milik TNI AU dijadikan monumen di Alun - Alun Kota Madiun.

"Untuk penentuan lokasi di Taman Kota karena sudah menjadi destinasi wisata. Kalau di exit tol Dumpil merupakan pintu gerbang Kabupaten Madiun (dari jalan tol)," ujar Hari saat mendampingi Danlantamal V TNI AU Surabaya.

Baca Juga: Kasus DBD di Kabupaten Madiun Meningkat, Satu Pasien Meninggal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya