Politikus PDIP Pastikan Pimpin DPRD Kabupaten Madiun

Berhasil raih suara terbanyak

Madiun, IDN Times - Sebanyak 45 anggota DPRD Kabupaten Madiun periode 2019 2024 dilantik pada Sabtu (24/8) lalu. Kini, lembaga legislatif itu tengah mempersiapkan penetapan unsur pimpinan.

Empat partai politik yang meraih kursi terbanyak telah mengajukan nama kadernya untuk menjabat sebagai ketua, wakil ketua I, II, dan III. PDIP selaku partai pemenang pemilu dengan perolehan 80.301suara mengusulkan Fery Sudarsono untuk menjadi Ketua DPRD.
"Rekomendasi dari DPP sudah turun kemarin lusa," kata Bendahara DPC PDIP Kabupaten Madiun Sarwo Edi, Senin (9/9).

1. Dua kader PDIP sempat ikuti seleksi internal

Politikus PDIP Pastikan Pimpin DPRD Kabupaten MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, rekomendasi kepada Fery yang diteken Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dilatarbelakangi jabatan di partai. Fery merupakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Madiun. Selain itu, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kades Klecorejo, Kecamatan Mejayan ini juga pendulang suara terbanyak pada Pileg, April lalu.

Dalam seleksi di internal partai, Fery berhasil 'mengalahkan' Sarwo Edi yang juga diusulkan untuk menduduki ketua DPRD. "Karena ini keputusan partai, kami sebagai kader harus mengikuti dengan terbuka. Jadi, saya tidak masalah," ujar Sarwo.

2. Penetapan pimpinan DPRD segera dilakukan

Politikus PDIP Pastikan Pimpin DPRD Kabupaten MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Selain PDIP, partai lain yang mengajukan nama kadernya untuk menduduki jabatan pimpinan adalah PKB. Partai politik yang juga mendapatkan sembilan kursi anggota dewan ini mengusulkan nama Suwandi untuk menjadi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Madiun.

Meski sama-sama mendapatkan sembilan kursi di lembaga legislatif, namun PKB hanya berhak menduduki jabatan wakil ketua. Sebab, perolehan partai masih di bawah PDIP, yakni dengan jumlah 75.002 suara.

"Hari Rabu besok akan ada rapat paripurna untuk menindaklanjuti (pengisian) pimpinan dan fraksi," ujar Sarwo kepada IDN Times.

3. Legislator Partai Demokrat dan Golkar jadi wakil ketua

Politikus PDIP Pastikan Pimpin DPRD Kabupaten MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara, untuk jabatan Wakil Ketua II bakal diisi politikus dari Partai Demokrat yang mendapatkan enam kursi di DPRD. Kemudian, Wakil Ketua III akan diisi dari Partsi Golkar yang juga mendapatkan enam kursi. Namun, perolehan suara partai berlogo pohon beringin ini masih di bawah Partai Demokrat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, nama yang diusulkan untuk menempati posisi wakil ketua II adalah Kuat Budi Santoso. Sedangkan wakil ketua III diisi Mujono yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Madiun.

Baca Juga: Dongkrek Madiun Diangkat dalam Sebuah Buku  

4. Ketua partai jadi prioritas untuk mengisi unsur pimpinan DPRD

Politikus PDIP Pastikan Pimpin DPRD Kabupaten MadiunIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Mujono mengatakan bahwa dalam masa seleksi di internal partai ada tiga orang yang mengikutinya. Namun, ia yang akhirnya lolos lantaran diprioritaskan bagi ketua partai yang juga terpilih dalam pemilu.

"Semua berkesempatan tapi lebih diutamakan ketua DPD," ujar dia sembari menyatakan bahwa kebijakan itu dari pimpinan pusat partai Golkar.

Baca Juga: Raup 6.600 Suara di Pileg, Mantan Pedagang Kain Jabat Ketua DPRD

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya