Comscore Tracker

Petani Dilanda Kekeringan, Pria Ini Malah Curi Pompa Air

Kalau jadi sinetron, pria ini kena azab apa ya?

Madiun, IDN Times - Di saat banyak petani menggunakan mesin pompa untuk mencukupi kebutuhan air tanaman padi di sawah, Puguh Rianto, (37) justru mencuri alat itu. Pria yang tinggal di Desa Pucangrejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ini mengembat sembilan unit pompa air milik petani. 

Akibatnya, pria asal Kecamatan Besuki, Tulungagung ini harus mendekam di balik jeruji besi Polres Madiun Kota. Dia dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dan diancam hukuman penjara paling lama lima tahun. 

1. Berawal dari laporan korban

Petani Dilanda Kekeringan, Pria Ini Malah Curi Pompa AirIDN Times/Nofika Dian

Ulah Puguh berhasil diungkap personel Sat Reskrim berkat laporan  salah seorang korban, warga Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Kepada polisi, korban menyatakan tentang raibnya satu unit pompa air yang dioperasikan di sawah. 

Polisi pun melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, dugaan pelaku pencurian mengarah kepada Puguh. Aparat yang menyaru sebagai warga umum mendatangi kediaman tersangka. "Di sana ditemukan sembilan pompa air yang diakui pelaku sebagai hasil curian," kata Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu, Kamis, 8 November 2018.

2.Pompa air akan dijual

Petani Dilanda Kekeringan, Pria Ini Malah Curi Pompa AirIDN Times/Nofika Dian

Ketika polisi mulai menginterogasi, Puguh tidak bisa menjawab tentang asal muasal sembilan pompa air di rumahnya. Pria yang bekerja serabutan ini akhirnya digelandang ke Mapolres Madiun Kota untuk dimintai keterangan lebih lanjut pada Minggu sore (4/11). 

Tidak ketinggalan, sembilan unit pompa air dan sepeda motor Yamaha Vixion yang digunakan saat menjalankan aksinya ikut diangkut. Benda-benda itu ditetapkan sebagai barang bukti. 
"Pompa yang dicuri rencananya akan dijual. Tapi, lebih dulu ketahuan petugas," ujar Nasrun kepada sejumlah wartawan. 

Baca Juga: Jelang Musim Hujan, Risma Tambah Kapasitas Pompa Air

3.Pencurian dilakukan dini hari

Petani Dilanda Kekeringan, Pria Ini Malah Curi Pompa AirIDN Times/Nofika Dian

Nasrun menjelaskan bahwa aksi pencurian yang dilakukan Puguh dilakukan dini hari. Dengan mengendarai sepeda motor, pelaku mengelilingi areal persawahan untuk mencari barang incarannya.Begitu ketemu, ia mulai melepas pompa dan sejumlah piranti pelengkapnya. Kemudian, mengangkutnya di atas sepeda motor. 
Aksi itu sengaja dilakukan dini hari agar tidak dikehaui pemilik pompa atau warga lain. Kendati demikian, Kasat Reskrim Polres Madiun Kota AKP Logos Bintoro menuturkan, ulah pelaku tetap terendus oleh anak buahnya.
"Tentunya, berkat laporan dari masyarakat," ujar Logos. 

Baca Juga: Spesialis Curi HP, Ghofur Gunakan Uang Hasil Pencurian untuk Judi Bola

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You