Persiapan Lebaran, PT KAI Daop 7 Madiun Intensif Rawat 9 Lokomotif

Lima di antaranya telah dicek

Madiun, IDN Times – Menjelang masa angkutan Lebaran, PT Kereta Api Indonsia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun melakukan perawatan lokomotif secara intensif. Lima mesin penggerak kereta telah diperiksa dan dicek komponennya oleh para teknisi di Depo Lokomatif Madiun sejak beberapa hari terakhir.

Sedangkan empat lokomotif lain juga bakal dirawat secara bergantian dengan batas akhir sebelum Minggu (26/5). Sebab, hari itu ditetapkan sebagai dimulainya masa angkutan Lebaran hingga Minggu (16/6) mendatang.

“Sebelum masa angkutan Lebaran dimulai, semua lokomotif Daop 7 sudah selesai dirawat dan siap mengantarkan para penumpang,” kata Kepala PT KAI Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo, Senin (20/5).

1. Mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan

Persiapan Lebaran, PT KAI Daop 7 Madiun Intensif Rawat 9 LokomotifDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Wisnu, perawatan lokomotif yang dijalankan ini termasuk kategori bulanan (P1). Sejumlah bagian, seperti bawah rangka, mesin disel, dan generator dicek. Selain itu kompresor, radiator, kipas radiator, sistem pengereman, rem tangan, dan perangkat elektrik. “Agar nanti saat dioperasikan tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan,” ujar dia.

Gangguan yang tidak diinginkan, misalnya, terjadi kemacetan lokomotif yang dapat menghambat jadwal perjalanan kereta. Dengan demikian, arus lalu lintas kereta yang tengah mengalami lonjakan saat musim arus mudik dan balik Lebaran terganggu.

Baca Juga: Pemudik Diimbau Gunakan Kecepatan Tak Lebih dari 100 Km/Jam di Tol

2. Jadwal perawatan lokomotif harus bergilir

Persiapan Lebaran, PT KAI Daop 7 Madiun Intensif Rawat 9 LokomotifDok.IDN Times/Istimewa

Selain P1, lokomotif juga menjalani perawatan tiga bulanan (P3), perawatan enam bulanan (P6), dan perawatan tahunan (P12). Tidak itu saja, setiap dua tahun sekali upaya serupa atau biasa disebut perwatan besar juga dilakukan di Balaiyasa Lokomotif di Yogyakarta. Masing-masing tahap perawan ini mengacu pada check sheet dari General Electric (GE) Amerika selaku pabrik lokomotif.

“Perawatan lokomotif tidak bisa dilakukan secara bersamaan, harus bergantian,” ujar Wisnu kepada wartawan.

3. Pengecekan rel dari Madiun – Caruban sudah dilakukan

Persiapan Lebaran, PT KAI Daop 7 Madiun Intensif Rawat 9 LokomotifDok.IDN TImes/Istimewa

Selain perawatan lokomotif, pihak PT KAI Daop 7 Madiun juga terus melakukan persiapan yang bertujuan memberikan pelayanan kepada calon penumpang. Upaya yang dilakukan seperti penjualan tiket yang sudah dibuka pada H-90 keberangkat. Juga, dijalakannya beberapa kereta tambahan untuk dapat mengakomodasi penumpang yang jumlahnya dipastikan meningkat drastis.

Untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta, pihak PT KAI Daop 7 Madiun bersama Bupati dan Wali Kota Madiun melakukan inspeksi pada Rabu (15/5) malam lalu. Lokasi yang dipantau mulai dari Stasiun Madiun hingga Caruban.

Baca Juga: KAI Tambah Fasilitas untuk Pemudik di Stasiun Pasar Senen dan Gambir

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya