Perjalanan 5 Kereta Api Menuju Bandung via Madiun Dibatalkan

Dampak dari penyebaran virus corona

Madiun,IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membatalkan perjalanan sejumlah kereta sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19. Jika sebelumnya kereta yang melintasi wilayah PT KAI Daop 7 Madiun tidak masuk Jakarta, kini juga berlaku untuk relasi Bandung.

1. Yang tersisa hanya kereta Kahuripan

Perjalanan 5 Kereta Api Menuju Bandung via Madiun DibatalkanManajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pembatalan perjalanan menuju Bandung diberlakukan untuk lima kereta. Pertama, kereta Argo Wilis dengan rute Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir. Kemudian Turangga dengan relasi yang sama.

Selain itu, kereta Malabar dengan relasi Malang-Yogyakarta-Bandung-Pasar Senen Jakarta. Pembatalan perjalanan juga diberlakukan untuk kereta Mutiara Selatan dengan relasi yang sama. Selain itu, kereta Pasundan relasi Surabaya Gubeng- Kiaracondong Bandung.

“Kereta api yang menuju Bandung dan melintasi Daop 7 Madiun hanya menyisakan kereta Kahuripan dari Blitar dengan tujuan akhir Stasiun Kiaracondong,” kata Ixfan, Minggu (29/3).

2. Pemberhentian berbeda dengan jadwal normal

Perjalanan 5 Kereta Api Menuju Bandung via Madiun DibatalkanIlustrasi kereta api saat berhenti di Stasiun MadiunDok.IDN Times/Istimewa

Meski demikian, perjalanan kereta Kahuripan tidak sesuai jadwal seperti saat sebelumnya. Jika selama ini dapat berhenti di Stasiun Tasikmalaya, kini kereta terus melaju ke stasiun lain di wilayah setempat. Hal ini sesuai dengan permintaan pihak Pemerintah Daerah Tasikmalaya.

“Kebijakannya untuk membatasi akses keluar masuk warganya (Tasikmalaya) selama upaya penanggulangan wabah COVID-19,” ujar Ixfan.

3. Program selama wabah corona terus berkembang

Perjalanan 5 Kereta Api Menuju Bandung via Madiun DibatalkanPetugas keamanan berjaga di Stasiun Madiun dengan menggunakan masker untuk meminimalisir penularan virus Corona. Dok.IDN Times/Istimewa

Dengan kondisi semacam itu, PT KAI menyadari akan banyak pembatalan perjalanan oleh calon penumpang. Oleh karena itu, bagi yang hendak membatalkannya dapat dilaukan secara daring melalui KAI Access.

“Evaluasi akan terus dilakukan mengikuti perkembangan situasi yang ada di lapangan,” kata dia sembari menyatakan bahwa layanan informasi telah dibuka di pusat informasi maupun akun resmi PT KAI.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya