Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Magetan 

Korban dan kendaraannya terseret sejauh 50 meter

Magetan, IDN Times - Kecelakaan antara sepeda motor dengan kereta api luar biasa (KLB) 10148 relasi Solo - Madiun terjadi di perlintasan berpalang pintu dekat Stasiun Magetan, Minggu (19/1) malam. Akibatnya, Samingun, warga Kelurahan Mangge, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan yang merupakan pengendara Honda Beat berpelat nomor AE 5887 QF tewas di lokasi kejadian. 

Tubuh korban dan kendaraan yang ditumpanginya terseret sejauh 50 meter dari titik tabrakan. Selain itu, slang air brake (untuk sistim pengereman dengan menggunakan udara terkompresi) pada lokomotif CC 2018905 patah dan mengalami kebocoran angin.

1. Korban menerobos palang pintu perlintasan kereta

Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Magetan Suasana pasca kecelakaan antara sepeda motor dengan kereta api terjadi di Magetan. Dok.IDN Times/istimewa

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa kecelakaan disebabkan karena pengendara motor menerobos pintu perlintasan jalur ganda kereta. Sesaat sebelum korban melakukan hal yang nekat, kereta Gajayana sedang melintas. 

Setelah itu, Samingun menerobos pintu perlintasan sebidang yang masih bisa dilalui sepeda motor. Dari situlah, petaka terjadi lantaran KLB 10148 melintas dari arah Ngawi menuju Madiun. Tabrakan pun tak terhindarkan.

"Satu kereta (Gajayana) sudah lewat dikira sudah tidak ada kereta (lain yang melintas dalam waktu hampir berbarengan di jalur ganda)," jelas Ixfan. 

2. Jalan raya Barat - Karangsono sempat macet

Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Magetan Akibat kecelakaan antara kereta api dengan sepeda motor jalan Barat - Karangsono, Magetan macet. Dok. IDN Times/Istimewa

Kecelakaan itu sempat membuat macet arus lalu lintas di jalan raya Barat-Karangsono. Sebab, pengguna jalan penasaran dan ingin melihat peristiwa itu. Terutama dalam proses evakuasi korban dan kendaraannya. 

Oleh karena itu, petugas PT KAI turut membantu jajaran kepolisian untuk mengatur lalu lintas. Juga tidak mengizinkan warga untuk mendekati lokasi kejadian. 

3. Perjalanan dua kereta terlambat

Pemotor Tewas Tertabrak Kereta Api di Magetan Suasana setelah kecelakaan antara sepeda motor dengan kereta api terjadi di Magetan, Minggu (19/1).Dok.IDN Times/Istimewa

Berdasarkan informasi dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun, akibat lain dari peristiwa itu adalah dihentikannya laju kereta luar biasa oleh masinis. Adapun tujuannya melakukan perbaikan pada slang air brake yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. 

Dengan dihentikannya laju kereta maka perjalanan KLB 10148 terlambat datang di Stasiun Madiun selama 32 menit. Gangguan perjalanan juga berimbas pada Kereta Sancaka relasi Yogyakarta - Surabaya yang terlambat sekitar 15 menit. 

Baca Juga: Kayu Lapuk, Atap Ruang Kelas SD di Magetan Roboh  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya