Pemkot Madiun Kembali Membuka Rusunawa Baru Bagi Warga Miskin

Pendataan calon penghuni masih dilakukan

Madiun, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun tengah mendata warganya yang belum memiliki hunian pribadi. Sebagian dari mereka bakal mendapat fasilitas untuk menempati rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang telah rampung dibangun pada tahap kedua. 

Kunci hunian juga sudah diserahterimakan dari pejabat pembuat komitmen (PPK) penyediaan Rusun Jawa Timur kepada Pemkot Madiun."Kami masih mengumpulkan data calon penghuninya," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, Totok Sugiarto, Sabtu (12/6/2021).

1. Pendataan hingga terjun ke lapangan

Pemkot Madiun Kembali Membuka Rusunawa Baru Bagi Warga MiskinRusunawa di Kota Madiun bakal ditempati penghuni. Dok.IDN Times/Istimewa

Menurut dia, pendataan dilakukan setelah 200-an calon penghuni rusunawa mendaftarkan diri melalui Disperkim. Pengecekan kondisi yang bersangkutan dilakukan petugas dengan terjun ke lapangan. Upaya ini untuk menentukan kelayakan menempati rusunawa.

"Karena yang bisa menempati adalah yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Soaial," ujar Totok.

Baca Juga: 13 Ribu Orang Penghuni Rusunawa di Surabaya akan Dites Swab

2.Pendaftar membeludak

Pemkot Madiun Kembali Membuka Rusunawa Baru Bagi Warga MiskinIlustrasi pemberian bantuan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Pendataan dilakukan lantaran jumlah pendaftar membeludak. Sementara, ketersediaan rusunawa hanya ada 44 unit dengan fasilitas layaknya apartemen. Masing - masing ruangan terdiri dua susun tempat tidur, kamar mandi, dan dapur.

Fasilitas dan pembangunan rusunawa itu disediakan oleh pemerintah dengan menelan dana sekitar Rp 23 miliar yang bersumber dari APBN. Pembangunan rusunawa di wilayah Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Nambangan Lor, Kota Madiun itu masih satu paket dengan dua proyek sejenis di Surabaya.

3. Menambah fasilitas serupa

Pemkot Madiun Kembali Membuka Rusunawa Baru Bagi Warga MiskinRusunawa di Kota Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, keberadaan rusunawa yang dibangun sejak 2020 - pertengahan 2021 atau tahap kedua menambah fasilitas sejenis di Kota Madiun. Sebelumnya, rusunawa juga telah berdiri dan ditempati warga.

Lokasi kedua bangunan bertingkat itu berdekatan untuk memudahkan proses melokalisir warga kurang mampu. Terutama bagi mereka yang selama ini menempati fasilitas umum untuk bertempat tinggal.

Baca Juga: Empat Rusunawa Digratiskan Khofifah Selama 2 Bulan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya