Comscore Tracker

Pembelajaran Tatap Muka di Kota Madiun, Terapkan Outdoor Learning

Siswa melanggar prokes akan dieliminasi

Madiun, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi seluruh siswa SMP Negeri, Selasa (6/4/2021). Uniknya, mereka menerapkan pembelajaran di luar ruang kelas atau outdoor learning .

Sejumlah tempat yang digunakan untuk PTM misalnya, taman lalu lintas bantaran kali, perkebunan Ngrowo Bening, Sumber Wangi, dan Sumber Umis. PTM dengan metode outdoor learning ini untuk menjembatani keinginan murid. Sebab, mayoritas mereka merasa jenuh lantaran sudah setahun mengikuti pembelajaran dari rumah secara daring. Di sisi lain, wali murid juga merasa kewalahan dalam mendampingi anak-anaknya belajar secara daring. 

1. Siswa melanggar protokol kesehatan akan dieliminasi

Pembelajaran Tatap Muka di Kota Madiun, Terapkan Outdoor LearningOutdoor learning bagi siswa SMP negeri berlangsung di Taman Bantaran Kali Kota Madiun. istimewa

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan bahwa outdoor learning merupakan langkah tepat untuk mengatasi permasalahan selama masa pandemik. Sebab, penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) lebih mudah dilaksanakan dan dipantau.

"Kalau ada siswa yang melanggar Prokes akan dieliminasi. Kalau guru akan diberikan sanksi," kata Wali Kota Madiun, Maidi.

Baca Juga: PTM di Surabaya dan Sidoarjo Belum Pasti, Dindik Tunggu Juknis

2. Antar-jemput dengan bus sekolah

Pembelajaran Tatap Muka di Kota Madiun, Terapkan Outdoor LearningIlustrasi siswa SD mengenakan masker (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Dalam menjalankan program itu, pihak Pemkot memberikan fasilitas antarjemput bagi para siswa dari sekolah ke ruang terbuka hijau. Armada bus sekolah dioperasikan untuk kegiatan tersebut. 

"Kami tetap akan mengevaluasi pelaksanaan outdoor learning agar semuanya berjalan dengan baik," ujar Maidi.

3. PTM diharapkan terus berlanjut

Pembelajaran Tatap Muka di Kota Madiun, Terapkan Outdoor LearningSejumlah siswa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati menyatakan bahwa pihaknya melakukan pengawasan secara intensif. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan selama pembelaan di luar ruangan berlangsung.

"Harapannya PTM bisa terus berlansung. Maka, kami akan tesus menyempurnakan teknisnya," kata dia.

Baca Juga: PTM di Surabaya dan Sidoarjo Belum Pasti, Dindik Tunggu Juknis

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya