Comscore Tracker

Pekan Depan, 8 SMP di Ponorogo Lakukan Pembelajaran Tatap Muka 

Awalnya ada 9 sekolah yang diusulkan oleh Satgas COVID-19

Ponorogo, IDN Times - Delapan SMP di Kabupaten Ponorogo bakal melangsungkan pembelajaran secara tatap muka. Uji coba kegiatan yang diikuti 25 persen dari total siswa di setiap sekolah itu dimulai Senin (19/10/2020) pekan depan.

Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Endang Retno Wulandari mengatakan bahwa lembaga pendidikan yang dapat melaksanakan kegiatan itu sudah melalui sejumlah proses seleksi. Awalnya, tim Satgas COVID-19 tingkat kecamatan merekomendasikan kepada tim satgas kabupaten. Lantas, diteruskan ke Dinas Pendidikan.

1. Sekolah harus menjamin penerapan protokol kesehatan

Pekan Depan, 8 SMP di Ponorogo Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Penataan bangku di SMPN 2 Ponorogo sebelum pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka. Dok.IDN Times/Istimewa

Beberapa waktu lalu, menurut Endang, pihaknya menerima rekomendasi dari Satgas COVID-19 yang mengajukan penerapan pembelajaran secara tatap muka untuk sembilan SMP. Namun, hanya delapan yang dinyatakan memenuhi persyaratan.

Sekolah itu dinyatakan telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menerapkan protokol kesehatan. Fasilitasnya seperti wastafel yang dilengkapi sabun untuk cuci tangan, pengukur panas badan, dan penyediaan masker.

2. Diharapkan terus berlanjut ke sekolah lain

Pekan Depan, 8 SMP di Ponorogo Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka di SMPN 1 Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Lembaga pendidikan itu adalah SMP Negeri 1 Ponorogo, SMP Negeri 2 Ponorogo, SMP Negeri 3 Ponorogo. Selain itu, SMP Negeri Pulung, SMP Negeri 1 Balong, SMP Negeri 1 Jetis, SMP Negeri 1 Jenangan, dan SMP swasta terpadu.

"Kami berharap agar pembelajaran secara tatap muka yang sudah diawali ini dapat diteruskan ke sekolah lain sesuai keinginan kebanyakan orang tua atau wali murid," ujar Endang.

Baca Juga: Zona Oranye, 2 Sekolah di Madiun akan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

3. Orangtua dituntut terlibat aktif

Pekan Depan, 8 SMP di Ponorogo Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Siswa duduk secara social distancing dalam pembelajaran tatap muka di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Untuk itu ia meminta pihak orangtua/wali murid juga memperketat pencegahan penularan COVID-19. Salah satunya disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang melibatkan pelajar maupun tidak.

"Orangtua juga harus disiplin untuk penerapan protokol kesehatan di rumah masing-masing, "ucap Endang.

4. Panduan berupa video pembelajaran sudah disebar

Pekan Depan, 8 SMP di Ponorogo Lakukan Pembelajaran Tatap Muka Siswa mengantri untuk melakukan sterilisasi dalam pembelajaran tatap muka di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Plt Kepala SMPN Negeri 1 Ponorogo, Setiantono menyatakan bahwa pihaknya telah siap melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Kelengkapan fasilitas untuk penerapan protokol kesehatan telah disediakan.

"Panduan pelaksanannya berupa video juga sudah kami sebar. Mulai dari siswa berangkat dari rumah, perjalanan, masuk kelas, pembelajaran, dan pulang lagi ke rumah, "ujar Setiantono.

Baca Juga: Keluar dari Zona Merah, Kota Malang Siapkan Sekolah Tatap Muka  

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya