Comscore Tracker

Pasar di Madiun Terbakar, Kerugian Lebih dari Rp1,3 Miliar

Petugas masih melakukan pendataan lebih lanjut

Madiun, IDN Times - Pasar di Kelurahan Dungus, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun terbakar, Minggu (4/9/2022) siang. Hampir seluruh bangunan di pasar tradisional itu ludes. Hingga petang, upaya pemadaman dan pembasahan masih dilakukan oleh petugas yang menerjunkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kerugian ditaksir lebih dari Rp 1,3 miliar. Sebab, nilai itu hanya berdasarkan anggaran untuk pembangunan pasar beberapa tahun lalu. "Untuk barang dagangan yang terbakar belum terdata, " kata Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop - UM) Kabupaten Madiun, Agus Suyudi.

1. Dimungkinkan karena korsleting listrik

Pasar di Madiun Terbakar, Kerugian Lebih dari Rp1,3 MiliarSatu unit mobil pemadaman kebakaran melakukan penyemprotan ke titik sumber api di Pasar Dungus, Madiun yang terbakar Minggu (4/9/2022). Dok.IDN Times/Istimewa

Hingga berita ini ditulis, para pedagang masih berusaha mengevakuasi barang dagangan yang tidak terbakar. Maka, Agus menyatakan bahwa proses pendataan masih akan dilakukan hingga beberapa hari ke depan. 

Upaya ini termasuk mencari penyebab kebakaran oleh petugas berwenang. Adapun indikasi sumber api saat ini diduga karena korsleting listrik atau adanya pedagang maupun warga yang lupa mematikan api setelah membakar sampah.

"Kemungkinannya untuk sementara ada dua itu. Untuk penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan pihak kepolisian," ia menjelaskan.

Baca Juga: Pengunjung Lapas Madiun Ini Ganti Koya Soto Ayam dengan Narkoba

2. Ke depan pasar akan direlokasi

Pasar di Madiun Terbakar, Kerugian Lebih dari Rp1,3 MiliarProses pembasahan di Pasar Dungus, Madiun yang terbakar, Minggu (4/9/2022). Dok.IDN Times/Istimewa

Yang jelas, berdasarkan pendataan sementara ada 36 kios dan 256 los yang ludes. Maka, pedagang akan direlokasi ke tempat penampungan sementara setelah seluruh proses evakuasi rampung dilakukan.

"Jelas akan direlokasi sambil menunggu bantuan keuangan untuk pembangunan pasar lagi. Untuk lokasi penampungan sementara masih akan dibahas dengan para pihak terkait lebih lanjut," Agus menjelaskan.

3. Api mulai berkobar sekitar pukul 14.30

Pasar di Madiun Terbakar, Kerugian Lebih dari Rp1,3 MiliarPasar Dungus di Madiun yang terbakar menjadi tontonan warga, Minggu (4/9/2022). Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, kebakaran di Pasar Dungus yang berada di Jalan Raya Madiun - Kare itu diketahui terbakar sekitar pukul 14.30. Mengetahui hal itu, sejumlah pedagang panik. Mereka berupaya mengevakuasi barang dagangan ke pinggir jalan.

Api diketahui cepat membesar dan menjalar lantaran cuaca panas yang disertai dengan tiupan angin. 

Baca Juga: Istri Tak Sengaja Disentuh, Kasatlantas di Madiun Polisikan Jurnalis

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya