Pandemik COVID-19, Pesilat Dilarang Gelar Tradisi Suro di Madiun

Sebanyak 1.060 petugas keamanan tetap disiagakan

Madiun, IDN Times – Tradisi peringatan bulan Muharam atau Suro yang biasa dilaksanakan para pesilat di wilayah Madiun dipastikan tidak berlangsung tahun ini. Sebab, berisiko terhadap penyebaran COVID-19 lantaran kegiatan itu melibatkan massa yang berjumlah banyak. Ini juga telah menjadi kesepakatan para pengurus peruguruan silat.

Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), misalnya, memiliki tradisi berziarah ke makam dua sesepuhnya di wilayah Kota Madiun pada 1 Suro atau semalam sebelumnya. Sedangkan warga Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTW) biasa menjalankan silaturahmi yang biasa disebut Suran Agung pada pertengahan bulan Muharam.

“Memang, para ketua perguruan silat sudah melarang warganya untuk menjalankan tradisi tahun ini karena bisa membuat kerumunan,” kata Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto usai apel kesiapan pasukan pengamanan Malam 1 Suro dan 1 Suro di lapangan mapolres setempat, Selasa (18/8/2020).

1. Titik perbatasan menjadi perhatian khusus

Pandemik COVID-19, Pesilat Dilarang Gelar Tradisi Suro di MadiunPengecekan pasukan oleh Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto (kanan) dan Komandan Kodim 0803/Madiun, Letkol Czi Nur Alam Sucipto (tengah) di lapangan mapolres setempat, Selasa (18/8/2020). Dok.IDN Times.Humas Polres Madiun

Kendati demikian, pihak kepolisian, TNI, pemkab, dan jajaran terkait yang lain tetap menyiagakan personel. Jumlahnya, 1.060 orang yang bakal ditempatkan di sejumlah lokasi, seperti pintu masuk ke Kabupaten Madiun dari beberapa daerah lain.

Titiknya seperti di sisi timur atau wilayah Kecamatan Saradan yang berbatasan dengan Kabupaten Ngajuk. Di sebelah utara dan barat di wilayah Kecamatan Jiwan yang menjadi akses dari Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, dan Bojonegoro. Selain itu, di sebelah selatan atau termasuk wilayah Kecamatan Dolopo yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

2. Pasukan mulai diterjunkan besok

Pandemik COVID-19, Pesilat Dilarang Gelar Tradisi Suro di MadiunPersonel dari Brimob Polda Jawa Timur juga terlibat dalam pengamanan malam 1 Suro dan 1 Suro. Dok. IDN Times/Humas Polres Madiun

Menurut Eddwi, petugas juga diterjunkan di sejumlah titik yang dinilai rawan kericuhan. Salah satunya di wilayah Kecamatan Saradan yang beberapa waktu lalu sempat terjadi bentrokan. Adapun tugas pengamanan kegiatan Suro itu mulai dijalankan pada Rabu besok (19/8/2020).

“Pasukan akan bergeser besok hingga kegiatan selesai. Ada delapan titik penyekatan termasuk daerah yang menjadi basis (perguruan silat),” ujar Eddwi kepada sejumlah wartawan.

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, 10 Ribu Masker Dibagikan di Madiun

3. Pesilat diharapkan tidak melanggar kesepakatan pengurus perguruan

Pandemik COVID-19, Pesilat Dilarang Gelar Tradisi Suro di MadiunPasukan patroli mengikuti upacara kesiapan pengamanan malam 1 Suro dan 1 Suro di lapangan Mapolres Madiun, Selasa (18/8/2020). Dok. IDN Times/Humas Polres Madiun

Ditemui di tempat yang sama, Komandan Kodim 0803/Madiun, Letkol Czi Nur Alam Sucipto menambahkan agar para pesilat tidak melanggar kesepakatan para pengurus perguruan silat. Apalagi, saat ini tengah berlangsung masa pandemik COVID-19.

“Masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dan diharapkan tidak melakukan kegiatan berkerumun,” ujar Nur Alam.

Baca Juga: 3 Sekolah di Kabupaten Madiun Uji Coba Pembelajaran Secara Tatap Muka

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya