Musim Hujan, BPBD: Magetan dan Pacitan Rawan Bencana Longsor

7 kecamatan di Magetan dan 12 kecamatan di Pacitan

Magetan, IDN Times – Tujuh dari 18 kecamatan di Kabupaten Magetan dinyatakan rawan tanah longsor saat musih hujan seperti saat ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan memetakan wilayah yang berpotensi diterjang bencana, yaitu Parang, Poncol Plaosan, Sidorejo, Panekan, Ngariboyo, dan Magetan Kota.

Secara geografis, wilayah tujuh kecamatan itu berada di antara perbukitan dan lereng Gunung Lawu. Selain membahayakan pemukiman warga, tanah longsor juga dapat menutup akses lalu lintas, salah satu titiknya adalah jalur Magetan – Karanganyar, Jawa Tengah.

“Kami terus mewaspadai tanah longsor. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mendirikan pos siaga bencana di wilayah Kecamatan Poncol,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra, Selasa (22/1).

Baca Juga: Tergerus Air Hujan, Tanggul Bendungan Sungai Deketkulon Longsor 

1. Peralatan evakuasi disiapkan di pos siaga bencana

Musim Hujan, BPBD: Magetan dan Pacitan Rawan Bencana LongsorIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Di dalam pos siaga bencana, kata Fery, disiapkan sejumlah peralatan untuk meakukan evakuasi jika tanah longsor, banjir, angin kencang terjadi. Alat itu di antaranya alat penyemprot air, mesin gergaji potong kayu atau chain saw, cangkul, pelampung, dan kendaraan operasional untuk penanganan bencana.

“Kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, personel dan peralatan yang disiapkan di pos siaga akan dikirim ke lokasi bencana,’’ ujar Fery.

2. Operasional pos siaga bencana hingga Maret 2019

Musim Hujan, BPBD: Magetan dan Pacitan Rawan Bencana LongsorIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut Fery, masa operasional pos siaga bencana itu dimulai sejak akhir November 2018 hingga akhir Maret 2019 mendatang. Hal itu sesuai dengan Surat Perintah Bupati Magetan, Suprawoto, tentang status siaga darurat bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Dasar penerbitan surat itu salah satunya mengacu pada perkiraaan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima Pemkab Magetan. "Musim hujan diprediksi berlangsung hingga akhir Maret mendatang," ujar dia.

3. Di Pacitan, seluruh wilayah rawan tanah longor

Musim Hujan, BPBD: Magetan dan Pacitan Rawan Bencana LongsorDok.IDN Times/Istimewa

Selain Magetan, ancaman tanah longsor juga terjadi di Pacitan. Ada 12 kecamatan di kabupaten itu yang berpotensi terjadi bencana. Ini karena, mayoritas penduduk berada di kawasan perbukitan kapur.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Pujono, mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya pemantauan ke seluruh wilayah.

“Kami juga mengimbau kepada warga yang bermukim di bawah bukit untuk lebih meningkatkan kewaspadaan,’’ Pujono menuturkan.

Baca Juga: Waspada, Longsor Susulan Masih Mungkin Terjadi di Cisolok Sukabumi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya