Menjelang Lebaran, Pemkab Madiun Gelar Pasar Murah 

Diharapkan mampu menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok

Madiun, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar pasar murah di Desa Cabean, Kecamatan Sawahan, Kamis (16/5). Empat jenis bahan pokok dijual dengan harga lebih rendah dengan yang ada di pasaran karena mendapatkan subsidi ongkos angkut sebanyak 30 persen.

Untuk pembeliannya diberlakukan sistem paket. Masing-masing di antaranya terdiri dari 5 kilogram beras dengan harga Rp 32.500, minyak goreng Rp 9 ribu per liter, gula pasir Rp 9 ribu per kilogram, dan 10 bungkus mi instan Rp 20 ribu.

“Sasaran dari kegiatan ini merupakan warga kurang mampu. Untuk bisa membeli harus menunjukkan kupon,” kata Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun Anang Sulistijono. 

1. Wajib menunjukkan kupon yang dibagi panitia sebelum membeli

Menjelang Lebaran, Pemkab Madiun Gelar Pasar Murah IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, jumlah kupon yang dibagikan kepada warga sebanyak 5.000 – 6.000 lembar. Untuk dapat membeli paket bahan pokok dengan harga murah itu maka pembeli harus menunjukkan kupon yang dibagikan pemerintah desa sebelumnya. 

Langkah ini dilakukan untuk menghindari aksi borong oleh segelintir orang. “Biar tidak ada monopoli oleh pedagang (yang kulakan dalam pasar murah ini),” uar Anang kepada sejumlah wartawan.

2. PNS golongan rendah juga menjadi sasaran pasar murah

Menjelang Lebaran, Pemkab Madiun Gelar Pasar Murah IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto mengungkapkan pasar murah yang digelar itu untuk membantu warga dalam membeli bahan pokok. Selain itu, mengendalikan harga yang cenderung naik secara drastis pada bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang.
“Dengan pasar murah ini diharapkan harga-harga tetap terjangkau. Warga bisa ikut merayakan Idul Fitri tanpa beban,” ujar dia sembari menyatakan kegiatan pasar murah akan dilangsungkan tiga kali di lokasi berbeda.

Selain di Desa Cabean, Kecamatan Sawahan, Hari melanjutkan kegiatan serupa bakal dijalankan di Desa Dempelan, Kecamatan Madiun. Juga, di kawasan Pusat Pemerintahan Pemkab Madiun di Caruban dengan sasaran para Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan golongan rendah.

3. Warga merasa terbantu

Menjelang Lebaran, Pemkab Madiun Gelar Pasar Murah IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, pelaksanaaan pasar murah di Desa Cabean mendapatkan apresiasi positif dari warga. Mereka merasa terbantu dengan dijualnya empat komoditas bahan pokok dengan harga murah. “Kalau begini bisa sedikit lebih hemat,” ujar Parni, salah seorang warga desa setempat usai membeli di pasar murah.

Parni dan sejumlah warga lain berharap agar kegiatan serupa seringkali digelar di Desa Cabean. Terutama saat menjelang Ramadan dan mendekati Lebaran yang seringkali terjadi lonjakan harga. Beberapa waktu lalu, misalnya, harga beras dan minyak goreng sempat mengalami kenaikan meski masih di batas kewajaran. 

Baca Juga: Kemensos Kaji Program Kartu Sembako Murah 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya